Jumat, 06 Maret 2020 12:32

Amerika Serikat: Negara 3 M

Amerika Serikat: Negara 3 M

Dari luar, kita memandang Amerika Serikat seperti hanya sebagai sebuah negara federal, dengan 50 negara bagian. Namun pada sesi diskusi pertama program IVLP, menjadi teranglah Amerika dari dalam. Pemer? intah pusat yang disebut Pemerintah Federal ternyata hanya mengendalikan empat urusan, selebihnya adalah urusan Negara Bagian dan pemerintah lokal.

Syamsari Kitta
Peserta International Visitor Leadership Program, Minot-North Dakota, USA
Editor : Redaksi

Dari luar, kita memandang Amerika Serikat seperti hanya sebagai sebuah negara federal, dengan 50 negara bagian. Namun pada sesi diskusi pertama program IVLP, menjadi teranglah Amerika dari dalam. Pemer? intah pusat yang disebut Pemerintah Federal ternyata hanya mengendalikan empat urusan, selebihnya adalah urusan Negara Bagian dan pemerintah lokal.

Pemerintah federal mengatur perdagangan antar negara bagian dan asing, menyatakan perang dan menetapkan pajak, pengeluaran, dan kebijakan nasional lainnya. Selebihnya, dilaksanakan oleh negara bagian dan pemerintah lokal.

Ada sekitar 89.000 pemerintah lokal dengan bentuk yang belum tentu sama antara pemerintah lokal yang satu dengan yang lain. Ada ada yang disebut county, city, town, ada pemerintahan suku.

Di Pittsburgh, Pennsylvania, struktur pemerintahan tidak hanya terdiri atas Mayor (walikota) dan City Council (DPRD), tetapi juga sebuah badan yang dipilih secara independen bernama City Controller (pengawas kota). Walikota dan Pengawas Kota dipilih secara langsung melalui pemilihan umum. Pengawas Kota bertugas untuk melindungi uang pajak kota Pittsburgh dari pemborosan, penipuan dan penyalahgunaan dengan cara mengaudit semua pengeluaran pemerintahan kota.

Di Arlington County di Virginia, lain lagi. Sebuah badan yang disebut County Board (atau Dewan Kabupaten) yang terdiri dari lima orang berhak menunjuk seorang County Manager sebagai kepala pemerintahan Arlington County.

Di Negara Bagian Nort Dakota, yang menjadi tujuan akhir dari program kami, terdapat pemerintahan suku Indian, dimana anggota suku memilih pemimpinnya dan yang terpilih akan menjadi penyelenggara pemerintahan di daerah tersebut. Pemerintahan suku yang kami kunjungi adalah Mandan-Hidatsa-Arikara dan Turtle Mountain Community. Mereka memiliki anggota legislatif dan eksekutif serta memiliki pengadilan berdasarkan hukum adat.

Dari sini, kita bisa melihat bagaimana ‘fleksibel’ struktur pemerintahan antara kota satu dengan lainnya, antara negara bagian satu dengan yang lain. Yang pasti, mereka diberika kewenangan untuk menjalankan pemerintahan secara mandiri, termasuk memungut pajak yang menjadi kewenangannya. Mereka juga menetapkan jumlah dan mengangkat sendiri pegawai negeri sesuai kebutuhan.

Sistem pemerintahan pun dibuat setransparan mungkin. Rakyat yang ingin menyampaikan aspirasi telah disiapkan kanal sendiri yang terintegrasi dengan sistem. Mereka juga mencari dan mengeluarkan anggaran untuk infrastruktur, merekrut dan menggaji aparat keamanan, pegawai pelayan administrasi hingga pegawai pemadam kebakaran. Pengeluaran tersebut sangat menekankan penerapan asas efektif dan efesiensi.

Model desentralisasi di Amerika Serikat memang sangat unik. Masing-masing entitas pemerintahan, baik itu Pemerintah Federal, Negara Bagian dan lokal menjalankan tugas secara mandiri. Dampaknya, urusan relatif lebih simple dan membuat mereka bisa fokus dengan pekerjaannya sendiri.

Dengan cara kerja seperti itu, Amerika Serikat tampil sebagai negara modern. Infrastruktur modern, Pelayanan Publik terstandar, bahkan air kran dapat langsung diminum. Urusan domestik hanya sampai di negara bagian dan lokal, sehingga Pemerintah Federal betul-betul berfikir tentang bagaimana hubungan luar negeri dibangun. Tak heran, Amerika Serikat sangat unggul bermain di level dunia.

Setelah mendengar dan berdiskusi dengan narasumber, maka teranglah di kepala kami tentang Amerika Serikat dan saya membuat sendiri kesimpulan terhadap negeri ini bahwa cirinya adalah 3M yaitu majemuk, mandiri dan modern.

Berikan Komentar Anda
Opini Terbaru
Selasa, 06 Oktober 2020 15:06
Jumat, 06 Maret 2020 12:25