Jumat, 13 November 2020 06:25

Timnas Senior "Dibekukan", Bagaimana Target di Piala AFF?

Shien Tae-yong
Shien Tae-yong

Jadwal laga Piala AFF 2020 yang dialihkan ke 2021 juga sudah sangat mepet. Piala AFF akan berlangsung pada April atau sebulan setelah pelaksanaan Piala Asia U-19. Jadwal mepet diakui memengaruhi target timnas senior di Piala AFF.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Timnas Senior menghentikan total seluruh agenda sepanjang 2020. PSSI memutuskan hanya fokus menyiapkam Timnas U-19 untuk menghadapi Piala Dunia 2021.

Lantas bagaimana target menjuarai Piala AFF 2021?

"Pilihannya hanya itu. Kita hentikan dulu semua timnas senior. Pertimbangannya agar coach (Shin Tae-yong) bisa fokus menyiapkan U-19 menuju Piala Dunia tahun depan," ujar plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, kemarin.

Baca Juga

Padahal jadwal laga Piala AFF 2020 yang dialihkan ke 2021 juga sudah sangat mepet. Piala AFF akan berlangsung pada April atau sebulan setelah pelaksanaan Piala Asia U-19. Jadwal mepet diakui memengaruhi target timnas senior di Piala AFF.

Pasalnya hingga November ini belum ada agenda kapan pemusatan latihan akan dimulai. Sementara, konsentrasi Shin Tae-yong sebagai pelatih ganda lebih banyak ke U-19.

"Iya memang dilematis. Tapi tentu semua harus mendapat perhatian. Untuk saat ini kita konsen ke U-19. Timnas senior akan kita kaji ulang bagaimana persipannya ke depan," jelas Yunus.

Yunus menjelaskan tidak akan ada perubahan. Shin tetap akan memimpin dua level itu. U-19 dan senior. Namun soal bagaimana pengaturan agendanya akan menjadi pemikiran bersama.

Kata Yunus, Shien juga telah menerima banyak masukan bagaimana proses persiapan timnas senior di Piala AFF. Termasuk soal target juara di ajang tersebut tetap didengungkan meski harus menemui banyak kendala.

Sementara itu, timnas U-19 Indonesia masih masih menjalani latihan virtual yang langsung dipimpin oleh Shin Tae-yong dari Korea Selatan sejak 5-12 November.

PSSI hingga saat ini belum memiliki agenda apapun untuk timnas Indonesia, bahkan mengumpulkan pemain sekalipun.

 

Editor : Muh. Syakir
#Piala AFF #Shien Tae-yong #Timnas Senior #Timnas U-19 #PSSI
Berikan Komentar Anda