Rabu, 18 November 2020 21:43

Kadis Perikanan Lutra: Mari Wujudkan Pengolahan Pesisir se-Luwu Raya

Rapat Koordinasi.
Rapat Koordinasi.

Upaya optimalisasi potensi pesisir yakni membangun sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pusat serta stakeholder terkait dalam pengelolaan wilayah pesisir dan laut.

PALOPO, PEDOMANMEDIA - Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Luwu Utara (Lutra) Muharwan mengajak semua pihak bersama-sama mewujudkan pengolahan pesisir se-Tana Luwu atau se Luwu Raya.

Di kawasan pesisir di Lutra panjang garis pantai konservasi Pombakka sampai bungadidi 52,5 KM.

Hal itu diungkapkan saat menyampaikan materi di acara peserta pertemuan koordinasi dan pembinaan masyarakat dalam pengelolaan kawasan pesisir wilayah CDK Luwu Raya di Hotel Harapan kota Palopo, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Sulsel yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan dan Pendataan Ruang Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Rahmat Syam.

"Kami juga mengapreasiasi pimpinan cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel karena kegiatan ini memang harus didahului sehingga kita bisa memikirkan pengelolaan di Luwu Raya," ucap Muharwan.

Ia menuturkan bahwa dikawasan pesisir di Lutra panjang garis pantai konservasi Pombakka sampai bungadidi 52,5 KM, kawasan konservasi perairan daerah (KPPD) 1.243,27 Ha dan kawasan hutan lindung daerah pantai 13.909,07 Ha.

"Sementara potensi perikanan tangkap yakni jumlah nelayan (Jiwa) 2.854 jiwa, RTP nelayan 1.861 KK, produksi perikanan tangkap laut dan umum sebanyak 1717,20 ton dan 186 ton," tuturnya.

Lanjut Muharwan, upaya optimalisasi potensi pesisir yakni membangun sinergitas dengan pemerintah provinsi dan pusat serta stakeholder terkait dalam pengelolaan wilayah pesisir dan laut.

"Memperkuat sistem kelembagaan kelompok pelaku usaha perikanan melalui pendampingan usaha dan stimulan sarana dan prasarana usaha dan Optimalisasi pemasaran serta peningkatan nilai tambah hasil produksi perikanan," tutupnya.

 

Penulis : Dhedy Budiman
Editor : Jusrianto
#Pemkab Lutra #Dinas Perikanan Lutra #Pesisir
Berikan Komentar Anda