Jumat, 20 November 2020 13:21

Tanggapi Video Penerima BPNT Diarahkan Pilih Nivi, Asri: Itu Program Nasional

Pjs Bupati Tator Asri Sahrun
Pjs Bupati Tator Asri Sahrun

Program BPNT disalurkan melalui mekanisme yang jelas. Serta sasaran yang telah ditentukan. Sehingga tidak bisa dipakai untuk kepentingan politik tertentu.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Pejabat sementara (pjs) Bupati Tana Toraja Asri Sahrun menegaskan, bantuan pangan non tunai (BPNT) adalah program pemerintah pusat. Program ini murni untuk masyarakat terdampak pandemi.

"Kita tegaskan, banpres UMKM merupakan program nasional. Pengalokasiannya sesuai ketentuan yang berlaku," kata Asri menanggapi beredarnya video salah seorang warga diarahkan memilih pasangan petahana Nivi saat hendak menerima BPNT, Jumat (20/11/2020).

Menurut Asri, program BPNT disalurkan melalui mekanisme yang jelas. Serta sasaran yang telah ditentukan. Sehingga tidak bisa dipakai untuk kepentingan politik tertentu.

Baca Juga

"Itu murni bantuan pemerintah pusat. Penyalurannya sesuai aturan," tegasnya.

Sebelum beredar Beredar video warga penerima BPNT di Tator diintimidasi memilih calon petahana. Dalam video berdurasi 2 menit 7 detik itu tampak pemilik atau penyalur e-warung melayani seorang warga yang akan mengambil haknya berupa bansos nontunai dari Kementerian Sosial menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Belakangan diketahui pemilik e-warung akrab disapa Mama Pikka, beralamat di Lembang Pemanukan, Kecamatan Gandangbatu Sillanan (Gandasil).

Terlihat Mama Pikka menjelaskan bahwa bantuan ini bisa diserahkan jika memilih pasangan nomor urut 2 yakni pasangan Nicodemus Biringkanae -Victor Datuan Batara (Nico-Victor) atau Calon Petahana pada kontestasi Pilkada Tana Toraja.

Dalam video itu juga Mama Pikka nenyampaikan pesan Kadis Sosial Marianus Batara yang tak lain adik kandung Cawabup Victor Datuan Batara.

"Ada pesan dari kantor dinas yang menerima bantuan nomor 2. Ini yang urus te bantuanmi (bantuan) to napeta'da (naminta) adinna (adiknya) pak Viktor," kata mama Pikka.

"Yang menerima bantuan akan diperiksa. Yammi (kalau kamu) setuju nomor 2 tanda tangani. Kalau tidak, mipahammo rokko to (kamu pahammi selanjutnya itu)," lanjutnya.

Sementara itu, korban yang nendapat intimidasi dari pemilik warung, hanya mengiyakan kemudian menandatangani daftar penerima bantuan dengan terpaksa.

 

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Pilkada Tator #Pjs Bupati Tator Asri Sahrum #BPNT #Pasangan NiVi
Berikan Komentar Anda