Sabtu, 21 November 2020 22:43

Pengamat Sebut Ombas-Dedy Ungguli Paslon Kala'-Etha dan RINDU di Debat

Ombas-Dedy
Ombas-Dedy

Esther mengajak masyarakat Torut memilih pasangan nomor urut 2 yang merupakan pasangan merakyat.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Pengamat Politik Esther Ryan Mandawati mengatakan Paslon nomor urut 2 Yohanis Bassang-Frederik V Palimbong (Ombas-Dedy) memgungguli Kala'-Etha dan RINDU pada debat kandidat. Ciri khas dan kerendahan hati nampak pada Paslon Ombas-Dedy yang akan bertarung di Pilkada Toraja Utara (Torut) itu.

Diketahui, Debat Publik KPU Torut digelar di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Sabtu (21/11/2020).

"Kami berkesimpulan keunggulan nomor dua masih nampak sekali. Pertama, karena menampakkan ciri khas 'Toraya Kan Kami' bahasa, gaya dan kerendahan hati ditampilkan pasangan nomor urut 2 ini dengan sangat sederhana dan tampak tidak ada yang direkayasa dan dipura-pura. Keluguan yang ada di sana," ujarnya.

Baca Juga

Ia mengungkapkan terima kasih kepada Ombas-Dedy yang sudah menyampaikan secara sederhana dan lugas dan dengan ketidaksempurnaan pun dia berusaha tampil beda. Serta mewakili partai Golkar dan Demokrat.

"Kami menanggapi bahwa Paslon 2 telah memberikan sebuah gambaran kerja atau program kerja tiga setengah tahun kedepan jangka pendek yang sangat lugas dengan bahasa yang sangat sederhana dan tidak bertele-tele," ungkapnya.

Untuk itu, Esther mengajak masyarakat Torut memilih pasangan nomor urut 2 yang merupakan pasangan merakyat.

"Kalau Paslon nomor 1 saya kira sudah pernah menjabat dan tentu tahu apa kekurangan dan kelebihannya. Seharusnya dia dengan jujur mengatakan apa yang masih kurang saya lakukan dan apa juga yang sudah saya lakukan kiranya disampaikan. Karena pasangan Pak Rinto sendiri masih maju menjadi 01 melawan petahana," katanya.

"Untuk paslon nomor 3 kami melihat memang unsur pendidikan yang banyak disampaikan tetapi Toraja Utara bukan belajar yah. Sebelum kita lahir Toraja sudah memiliki pendidikan, kebudayaan dan pendidikan mentalitas dan sifat-sifat yang menghargai orang lain. Jangan terlalu banyak menggurui rakyat Toraja Utara. Anda ingin jadi pemimpin Anda tidak boleh datang membawa mimpi. Anda harus tahu diri bahwa ini adalah pilkada yang tiga tahun setengah yang membutuhkan kerja tepat, nyata dan dipertanggung jawabkan," tambahnya.

Kata dia, hal yang ia sampaikan tersebut adalah hasil pendengarannya sekilas 5 menit mendengarkan paslon menyampaikan visi misinya.

"Jadi saya punya kesimpulan nomor 2 adalah Paslon yang elegan untuk dipilih masyarakat Toraja Utara," cetusnya.

Penulis : Susanna Rulianti
Editor : Jusrianto
#Pilkada Torut #Ombas-Dedy #Debat Kandidat #Toraya Kan Kami
Berikan Komentar Anda