Jumat, 27 November 2020 07:08

Sebulan Resesi, TPID Makassar: Daya Beli Masyarakat Mulai Turun

Ilustrasi
Ilustrasi

Permintaan mulai turun. Efek resesi ini mulai terasa di masyarakat. Tapi paling penting adalah upaya kita menjaga stok pangan agar tetap terdistribusi normal.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Pemerintah Kota Makassar mencatat adanya penurunan daya konsumsi masyarakat dalam sebulan terakhir. Efek resesi ini diprediksi akan memberi tekanan pada pertumbuhan ekonomi di 2021.

"Permintaan mulai turun. Efek resesi ini mulai terasa di masyarakat. Tapi paling penting adalah upaya kita menjaga stok pangan agar tetap terdistribusi normal," jelas Asisten 2 Pemkot Makassar Sittiara Kinang, Kamis (26/11/2020).

Sittiara menjelaskan, pemkot berupaya menjaga ketersediaan pangan di tengah pandemi. Karena itu Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berusaha mengkaji bagaimana prospek ekonomi di 2021 agar stabilisasi harga tetap aman.

Baca Juga

"Ada tantangan baru untuk TPID dalam menghadapi Pandemik Covid-19 karena tekanan berat yang timbul bukan saja dari sisi penawaran tapi dari sisi permintaan masyarakat yang mulai menurun," jelasnya.

Menurut Sittiara, pandemi Covid-19 memukul berbagai sektor bisnis di Kota Makassar. Tidak hanya bisnis dengan skala besar namun juga bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Untuk itu, menurut Sittiara sektor UMKM perlu mendapatkan perhatian melalui berbagai kebijakan pendampingan dan pelatihan keterampilan. Karena UMKM merupakan salah satu penguat ketahanan ekonomi di masa pandemi ini.

"Kita berkeinginan agar kondisi perekonomian kita semakin baik, agar produktivitas dan daya beli masyarakat

meningkat, investasi yang masuk bertambah, begitu juga lapangan kerja bertambah jumlahnya," paparnya.

Untuk itu, katanya perlu mengetahui bersama kondisi ekonomi kita pada kurun waktu satu tahun terakhir ini. Untuk kemudian dievaluasi dan menjadi input untuk pembuatan kebijakan yang akan memperkuat perekonomian di tahun tahun mendatang.

"Pemerintah yang baik adalah pemerintah yang pada pembuatan kebijakannya bersandarkan pada kajian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan atau evidence based policy-making, bukan kebijakan yang muncul begitu saja," pungkasnya.

Editor : Muh. Syakir
#Pemkot Makassar #Resesi #Daya Beli
Berikan Komentar Anda