Jumat, 09 Desember 2022 10:47

KPU Ajukan 2 Opsi di Pemilu 2024, Bulukumba Dirancang jadi 5 Dapil

Wawan Kurniawan.
Wawan Kurniawan.

Rancangan awal pengusulan dapil ke KPU RI itu, diumumkan secara terbuka ke publik untuk mendapat tanggapan dari masyarakat.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba mengajukan 2 opsi rancangan awal daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2024. Rancangan awal itu, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI No. 6 Tahun 2022 tentang Penataan Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi.

"Kami ajukan 2 opsi sebagai rancangan awal dapil (daerah pemilihan) pada pemilu 2024," kata Anggota KPU Bulukumba Divisi Teknis, Wawan Kurniawan kepada wartawan, Kamis (8/12/2022).

"Ini baru rancangan awal. Belum diajukan ke KPU RI untuk finalisasinya. Nanti setelah selesai uji publik baru disebut sebagai rancangan yang diajukan ke KPU RI," sambungnya.

Baca Juga

Ia mengatakan rancangan awal dapil merupakan prosedur yang mutlak dilakukan KPU Bulukumba untuk mengusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.

"Setelah mengusulkan rancangan awal ini, kita melakukan berbagai kegiatan, seperti rakor (rapat koordinasi), FGD (focus group discussion) dan lainnya," jelas Wawan Kurniawan.

Kemudian, kata Wawan, rancangan awal pengusulan dapil ke KPU RI itu, diumumkan secara terbuka ke publik untuk mendapat tanggapan dari masyarakat.

"Hanya saja sampai batas akhir pengumuman ini, tidak ada tanggapan dari masyarakat," ujar mantan Ketua PPK Kecamatan Bontotiro tersebut.

Wawan menerangkan, opsi pertama rancangan awal adalah 4 dapil dengan skema tetap seperti pada pemilu sebelumnya di tahun 2019. Untuk opsi kedua, katanya, skemanya ada 5 dapil.

"Opsi kedua, Kecamatan Bontotiro dan Bonto Bahari bergabung jadi satu dapil dengan presentasi 5 kursi legislatif. Di pemilu sebelumnya kan, Bonto Bahari di dapil 1 dan Bontotiro di dapil 4," jelasnya.

Sehingga opsi kedua, tambahnya, perubahan yang terjadi hanya di dapil 1 dan dapil 4. Ia menyebut Kajang dan Herlang satu dapil, begitupun Ujung Bulu dan Ujung Loe satu dapil.

"Kajang dan Herlang, presentasi 7 kursi. Sementara Ujung Bulu dan Ujung Loe, presentasinya 9 kursi. Yang lain tetap, Bulukumpa dan Rilau Ale 9 kursi. Kemudian, Gantarang dan Kindang 10 kursi," kata Wawan.

Sekadar diketahui, 4 dapil pada pemilu 2019 lalu di Kabupaten Bulukumba, yaitu dapil 1 Kecamatan Ujung Bulu, Ujung Loe dan Bonto Bahari 11 kursi. Dapil 2 Kecamatan Gantarang dan Kindang 10 kursi. Dapil 3 Kecamatan Bulukumpa dan Rilau Ale 9 kursi. Dapil 4 Kecamatan Kajang, Herlang dan Bontotiro 10 kursi.

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Syakir
#Pemilu 2024 #KPU Bulukumba
Berikan Komentar Anda