Jumat, 23 Desember 2022 17:42

Cuaca Ekstrem Masih Lanjut, Danny: Hindari Pohon-pohon Besar

Wali Kota Danny Pomanto mengunjungi korban pohon tumbang.
Wali Kota Danny Pomanto mengunjungi korban pohon tumbang.

Atensi untuk pohon tumbang ini, ia mengaku sudah memerintahkan tim untuk memangkas ranting pohon yang rawan.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengunjungi lima orang korban pohon tumbang Jl Sungai Lasinrang, Jumat (23/12/2022). Danny meminta titik titik rawan pohon tumbang segera dipangkas.

"Pokoknya kita fokus untuk sembuh, biaya pengobatan Pemkot yang tanggung," kata Danny saat berbincang dengan salah seorang korban bernama Fitri di RS Pelamonia, sore tadi.

Fitri mengalami luka pada kaki. Di sebelahnya ada korban lainnya, Martinus. Lelaki ini mengalami benturan.

Baca Juga

"Semangatki untuk sembuh, saya sudah telepon kadinkes untuk menangani perawatan ini," ucapnya kepada Martinus.

Danny menuturkan total korban ada lima orang. Dua orang sedang menjalani observasi ketat sehingga harus menjalani rawat inap. Meski begitu, kondisi mereka stabil.

Ia menjelaskan pohon Trembesi yang tumbang memang berusia tua dan sebenarnya sudah menjadi kebanggaan Makassar. Pascaterjadinya insiden itu, timnya langsung menuju ke lokasi kejadian.

"Tidak cukup lima menit tim langsung turun ke lapangan termasuk tim kesehatan. Alhamdulillah kita syukuri juga karena korban jiwa yang fatal terhindari. Semua selamat," ujar dia.

Atensi untuk pohon tumbang ini, ia mengaku sudah memerintahkan tim untuk memangkas ranting pohon yang rawan.

"Saya perintahkan Pemadam Kebakaran, DLHD untuk bantu, apalagi kita juga punya mobil baru dengan crane yang cukup panjang dengan beberapa alat pemotong pohon yang baru maka segera kita mitigasi," akunya.

Pula memprouning (pangkas ranting/daun) untuk mengurangi beban pohon terhadap daun yang basah karena bebannya mencapai dua kali lipat dari biasanya.

Wali Kota dua periode ini juga mengimbau kepada masyarakat agar menghindari pohon-pohon besar, besi-besi, listrik, juga menjaga anak-anak terhadap arus air.

"Itu juga, jangan sembarang buang sampah karena dapat menurunkan kinerja drainase," pesannya.

Editor : Muh. Syakir
#Wali Kota Makassar Danny Pomanto #Cuaca Ekstrem #Pohon tumbang
Berikan Komentar Anda