Jumat, 24 Maret 2023 07:49

KUALIFIKASI EURO 2024: Inggris Bungkam Italia 2-1

Inggris menaklukkan Italia 2-1 dalam kualifikasi Euro 2024. (int)
Inggris menaklukkan Italia 2-1 dalam kualifikasi Euro 2024. (int)

Inggris ada di puncak klasemen bersama Makedonia Utara dengan tiga poin. Malta dan Italia di dasar setelah sama-sama kalah 1-2.

NAPLES, PEDOMANMEDIA - Inggris tampil superior dan membungkam Italia di kandang dalam duel pembuka Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024, dini hari tadi. The Three Lions menang 2-1.

Duel Italia vs Inggris berlangsung di Stadion Diego Armando Maradona. The Three Lions k

sudah memimpin 2-0 di babak pertama lewat gol Declan Rice dan Harry Kane.

Baca Juga

Italia berhasil menguasai babak kedua dan membuat Inggris kepayahan. Namun, jawara Piala Eropa 2020 itu cuma bisa membalas satu gol melalui Mateo Retegui. Inggris pun menang 2-1.

Inggris ada di puncak klasemen bersama Makedonia Utara dengan tiga poin. Malta dan Italia di dasar setelah sama-sama kalah 1-2.

Jalannya Pertandingan

Italia langsung menekan di lima menit awal pertandingan. Ada dua percobaan dari Giovanni di Lorenzo dan Mateo Retegui, yang masih belum mengarah ke gawang.

Inggris gantian mengancam gawang Italia di menit ketujuh. Bukayo Saka melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, tapi bola masih bisa ditangkap Gianluigi Donnarumma.

Giliran Jude Bellingham yang mengancam gawang Italia di menit ke-11. Dia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang mampu ditepis Donnarumma dan menghasilkan sepak pojok.

Inggris memimpin 1-0 di menit ke-13 setelah bola tembakan Harry Kane, yang memanfaatkan umpan sepak pojok diblok Leonardo Spinazzola. Bola liar mampu disambar Declan Rice.

Dalam posisi tertinggal, Italia kesulitan untuk menebar ancaman ke pertahanan Inggris. Kalvin Phillips malah mampu mengancam Azzurri di menit ke-31 lewat tembakan dari luar kotak penalti.

Inggris mendapatkan hadiah penalti karena Di Lorenzo melakukan handball setelah dicek melalui VAR. Kane maju sebagai eksekutor dan sukses membawa Inggris memimpin 2-0 di menit ke-44.

Jack Grealish nyaris memperbesar keunggulan Inggris di injury time. Dalam posisi bebas dan Donnarumma sudah kehilangan posisi, Grealish gagal mengarahkan bola tepat ke gawang. Inggris tetap memimpin 2-0 sampai turun minum.

Italia mencoba menekan Inggris di awal babak kedua. Setelah berulang kali melakukan percobaan, Italia akhirnya mendapatkan gol.

Lorenzo Pellegrini, yang menerima umpan dari Marco Verratti, dengan tenang mengoper bola ke Mateo Retegui. Striker berusia 23 tahun itupun sukses menuntaskan peluang menjadi gol. Italia memperkecil skor menjadi 1-2 di menit ke-56.

Italia terus menekan Inggris sepanjang babak kedua. Tim besutan Gareth Southgate itu malah sampai menit ke-75 tak mampu bikin tembakan selama selepas jeda.

Inggris harus bermain dengan 10 orang di menit ke-80 setelah Luke Shaw diganjar kartu kuning kedua karena melanggar Retegui. Kartu kuning pertama Shaw didapat dua menit sebelumnya karena mengulur waktu saat lemparan ke dalam.

Italia gagal memanfaatkan keunggulan pemain sampai laga tuntas. Inggris pun menang dengan skor 2-1.

Susunan Pemain:

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Tolói, Acerbi, Spinazzola; Verratti, Jorginho (Tonali 69'), Barella (Cristante 62'); Pellegrini (Gnonto 69'), Berardi (Politano 62'), Retegui.

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Rice, Phillips, Bellingham, Grealish (Foden 69'), Saka (Trippier 81'), Kane.

 

Editor : Muh. Syakir
#Kualifikasi Euro 2024
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer