Kamis, 25 Mei 2023 20:19

Sosok Andi Utta di Mata Guru SMP: Ulet, Intuisi Bisnisnya Tampak dari Dulu

Andi Muhammad Jafar
Andi Muhammad Jafar

Semangat kewirausahaan Andi Utta, berbanding lurus dengan prestasi akademiknya di sekolah.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Keluarga besar SMP Negeri 14 Bulukumba atau dulu bernama SMP Negeri Tanete, patut berbangga. Sebab, salah satu alumninya Andi Muchtar Ali Yusuf, kini menjabat sebagai Bupati Bulukumba.

Namun, tak banyak yang tahu di balik sosok Bupati berlatar pengusaha itu. Bagaimana Andi Utta di SMP dulu, dibuka oleh sang guru.

Salah satu guru SMP Negeri Tanete, Andi Muhammad Jafar membeberkan sikap dan kebiasaaan Andi Utta semasa sekolah dulu.

Baca Juga

"Dia (Andi Utta) adalah siswa yang disenangi oleh guru. Kenapa? Karena dia punya sikap yang baik, ulet, serta patuh terhadap guru. Dia termasuk orang yang pintar," kata Andi Muhammad Jafar di sela-sela penamatan siswa kelas IX UPT SPF SMP Negeri 14 Bulukumba, Rabu, 24 Mei 2023.

Selaku gurunya, ia menilai bahwa Andi Utta memegang teguh sikap sopan santun. Ia juga tidak pernah merasa bahwa Andi Utta adalah siswa yang nakal.

"Dia (Andi Utta) itu menggambarkan siswa teladan. Nah, bisa jadi keteladanannya inilah yang membawanya sukses dalam usaha," katanya.

Bahkan dulu, katanya lagi, Andi Utta sudah sering membawa barang-barang jualan ke sekolah. Sehingga, ciri kewirausahaannya dan intuisi bisnisnya sudah tampak sejak SMP.

"Boleh dikatakan, dia (Andi Utta) memang sudah belajar berwirausaha sejak SMP," jelas Andi Muhammad Jafar.

Semangat kewirausahaan Andi Utta, berbanding lurus dengan prestasi akademiknya di sekolah. Terbukti, Bupati yang mempopulerkan jargon 'Dikerja Bukan Dicerita' ini, adalah langganan 3 besar di kelasnya dulu.

"Mulai kelas 1, kelas 2 dan kelas 3, dia (Andi Utta) cukup berprestasi. Hanya memang prestasinya tidak menetap. Ada 3 orang yang bersaing," kata Andi Muhammad Jafar.

"Memang dia (Andi Utta) sering mendatangi rumah guru-gurunya untuk belajar. Beda dengan sekarang, sangat jarang kita temukan siswa ke rumah guru untuk belajar," tambahnya.

Tak hanya gurunya, Andi Utta juga dikenal sangat patuh dengan orangtuanya. Sejak SMP, Andi Utta sudah terbiasa berkebun.

"Tetapi kelebihannya, dia (Andi Utta) bisa mengajak temannya untuk sama-sama ke kebun. Sehingga pekerjaannya terasa lebih ringan," kata Andi Muhammad Jafar.

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Syakir
#Pemkab Bulukumba
Berikan Komentar Anda