Minggu, 10 September 2023 17:46

Tim Reaksi Cepat BPBD Sidrap Padamkan Kebakaran Lahan di Arawa

Proses pemadaman lahan di Arawa yang terbakar.
Proses pemadaman lahan di Arawa yang terbakar.

Luas lahan yang terbakar sekitar 20 hektare yang merupakan lahan hutan dan kebun masyarakat.

SIDRAP, PEDOMANMEDIA - Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan kebun di area bukit Kelurahan Arawa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap. Kebakaran terjadi Jumat (8/9/2023) malam sekitar pukul 20.35 Wita, dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.15 Wita.

Kepala BPBD Sidrap Sudarmin, mengatakan, setelah mengetahui titik lokasi kebakaran, pihaknya segera berkoordinasi Satpol PP dan Damkar, pihak kecamatan dan polres.

"Alhamdulillah api sudah berhasil dipadamkan secara manual sehingga tidak meluas, setelah menerjunkan tim TRC PB dibantu masyarakat," kata Sudarmin.

Berdasarkan data, luas lahan yang terbakar sekitar 20 hektare yang merupakan lahan hutan dan kebun masyarakat. Sudarmin mengimbau warga yang beraktivitas di dalam kawasan hutan untuk tidak melakukan pembakaran sekecil apapun yang dapat menyebabkan kebakaran hutan.

"Kami menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dan membersihkan lahan dengan cara dibakar untuk mencegah kebakaran lahan dan polusi asap," pesannya.

Penulis: Ruknuddin

Editor : Muh. Syakir
Berikan Komentar Anda