Selasa, 12 September 2023 17:41

Indonesia Vs Turkmenistan: Skuad Garuda Hanya Butuh Seri, tapi Tak Mudah

Latihan Timnas U-23 menjelang laga kualifikasi. (int)
Latihan Timnas U-23 menjelang laga kualifikasi. (int)

Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024 mendatang.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga hidup menghadapi Turkmenistan dalam laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23, malam nanti. Skuad Garuda Muda hanya butuh hasil seri untuk lolos.

Laga akan digelar di Stadion Manahan, Solo. Indonesia dan Turkmenistan sama-sama mengoleksi tiga poin di Grup K.

Kemenangan diraih Garuda Muda usai mengalahkan Taiwan 9-0, sementara Turkmenistan juga menggasak China Taipei dengan skor 4-0.

Maka laga Indonesia vs Turkmenistan akan menjadi penentuan kelolosan dari Grup K. Bagi Indonesia, hasil imbang sudah cukup meloloskan ke Piala Asia U-23 2024, sebab akan tetap unggul produktivitas gol atas Turkmenistan.

Jika kalah, maka Indonesia akan menjadi runner up, dan kelolosannya akan ditentukan lewat jalur runner up terbaik dari tiap grup. Posisi runner up terbaik akan memberikan jatah kelolosan untuk 4 tim ke putaran final.

Sejauh ini, Turkmeninstan, yang masih di bawah Timnas Indonesia U-23 di Grup K, menempati urutan teratas di klasemen runner up terbaik mengungguli Iran, Kuwait, Yaman. Maka dari itu, peluang tim asuhan Shin Tae-yong maju ke Piala Asia U-23 terbuka lebar.

Terkait Piala Asia U-23 2024, sejauh ini baru dua tim yang dipastikan lolos ke putaran final. Adalah Qatar dan Vietnam yang melaju.

Qatar dipastikan lolos karena berstatus tuan rumah turnamen. Sementara Vietnam sudah mengamankan tiketnya dari Grup C, usai mengemas 6 poin dari dua laga melawan Guam dan Yaman, unggul atas Yaman (3). Meski masih menyisakan laga melawan Singapura, The Golden Star Warriors sudah dalam posisi aman di posisi teratas sebab punya keunggulan head-to-head atas Yaman, sebagai pesaingnya.

Beberapa negara ASEAN lain juga masih akan bentrok memperebutkan tiket putaran final. Thailand dan Malaysia akan saling duel di Grup H, Myanmar harus melawan Korea Selatan di Grup B, dan Kamboja vs Arab Saudi di Grup J.

Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024 mendatang. Pada edisi sebelumnya, Arab Saudi keluar menjadi juara dalam ajang yang digelar di Uzbekistan tahun lalu.

 

Editor : Muh. Syakir
#Piala Asia U-23 2024
Berikan Komentar Anda