Selasa, 19 September 2023 14:15

AS Temukan Jet Tempur Siluman F-35 yang Hilang, Sudah jadi Puing

Jet tempur siluman F-35.
Jet tempur siluman F-35.

Transponder jet siluman itu tidak berfungsi, dan kemampuan silumannya menambah tantangan untuk melacak keberadaannya.

WASHINGTON DC, PEDOMANMEDIA - Amerika Serikat akhirnya menemukan jet tempur siluman F-35 yang hilang, setelah pilotnya melontarkan diri. Jet tersebut ditemukan telah jadi puing-puing.

Penemuan puing ini terjadi sehari setelah kegagalan Washington melacak keberadaan jet tempur canggih yang harganya mencapai US$ 80 juta (Rp1,2 triliun) itu membuat heran dan memicu cemoohan. Seperti dilansir AFP, Selasa (19/9/2023), militer AS dalam pernyataan terbaru mengungkapkan bahwa puing-puing jet tempur siluman F-35 itu ditemukan di Williamsburg County, South Carolina, yang berjarak dua jam perjalanan di sebelah timur Pangkalan Gabungan Charleston (JBC).

"Anggota masyarakat harus menghindari daerah tersebut karena tim pencarian mengamankan area puing-puing," demikian pernyataan militer AS.

Ketika jet siluman itu menghilang saat mengudara di langit South Carolina pada Minggu (17/9) waktu setempat, JBC merilis seruan menyedihkan di media sosial yang meminta siapa saja yang mempunyai informasi soal jet tempur itu untuk menghubungi mereka.

Situs pelacakan penerbangan menunjukkan beberapa pesawat fokus melakukan pencarian di area hutan dan lahan pertanian di dekat Stuckey, yang berjarak 120 kilometer sebelah utara Charleston pada Senin (18/9) sore waktu setempat.

Jet siluman yang sempat hilang itu merupakan jenis F-35B yang dioperasikan oleh Marinir AS, yang memiliki kemampuan lepas landas pendek dan mampu melakukan pendaratan vertikal.

Bentuk badan jet tempur itu, yang mencakup adanya dua stabilisator bersudut di bagian belakang, dan penggunaan material khusus membuat jet F-35 lebih sulit terdeteksi oleh radar tradisional.

Pilot jet siluman yang sempat hilang itu melontarkan diri karena alasan yang tidak diketahui dan mendarat dengan selamat menggunakan parasut di wilayah North Charleston pada Minggu (17/9) waktu setempat, meninggalkan jet F-35 yang masih mengudara dalam situasi yang disebut 'zombie state'.

"Bagaimana bisa Anda kehilangan F-35? Bagaimana jika tidak ada alat pelacak dan kita meminta masyarakat melakukan apa, menemukan jet dan menyerahkannya?" ucap anggota parlemen AS yang mewakili wilayah Charleston, Nancy Mace, saat menanggapi hilangnya jet siluman itu.

Juru bicara JBC Jeremy Huggins sebelumnya menuturkan kepada Washington Post bahwa transponder jet siluman itu tidak berfungsi, dan kemampuan silumannya menambah tantangan untuk melacak keberadaannya.

Sejauh ini, sedikitnya tujuh jet tempur F-35 hancur dalam berbagai insiden yang dipicu oleh berbagai penyebab.

 

Editor : Muh. Syakir
#Jet tempur siluman f35
Berikan Komentar Anda