Rabu, 08 November 2023 13:42

Ganjar Bicara Perang Israel-Hamas: Kita Harus Perkuat Pertahanan

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo

Menurut Ganjar, dia ingin bekerjasama dengan negara dengan hubungan yang saling menguntungkan.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Ganjar Pranowo menyinggung kemunduran demokrasi dan kondisi dunia yang sedang menghadapi krisis. Menurut Ganjar, Indonesia akan menuju negara maju namun membutuhkan taktik politik luar negeri yang komprehensif.

Ganjar lalu menyampaikan strategi politik luar negeri jika terpilih pada Pilpres nanti.

Ganjar mengungkap salah satu visi misi menuju Indonesia unggul, yaitu 'Tata dunia baru yang lebih baik, berkeadilan melalui politik luar negeri yang bebas aktif dan memperkuat pertahanan'. Ganjar mengaku sempat ditanya terkait startegi politik luar negeri.

Baca Juga

"Kemarin saya ujian di CSIS tentang Polugri, politik luar negeri, duta besarnya banyak datang, pengamatnya banyak datang. Mereka bertanya, hari ini saya katakan dunia sedang tidak baik-baik saja," kata Ganjar, dikutip detikcom, Rabu (8/11/2023).

Ganjar mengungkap saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Sebab menurutnya demokrasi mengalami kemunduran hingga terjadinya dominasi negara kuat dan adanya perang. Saat ini, kata dia, seluruh dunia menyoroti adanya perang di Palestina dan Israel.

"Demokrasi mundur, dominasi negara kuat pada yang kurang kuat terjadi, perang terjadi, hari ini kita melihat seluruh dunia sedang protes apa yang terjadi antara Palestina dan Israel. Kita sedang sedih, belum baik-baik saja," kata Ganjar.

Ganjar lalu mengungkap visi misi politik luar negeri. Menurut Ganjar, dia ingin bekerjasama dengan negara dengan hubungan yang saling menguntungkan, tidak saling menindas.

"Kalau saya ditanya, kira-kira kalau Pak Ganjar bagaimana. Ya kita harus berhubungan dengan banyak negara yang sama-sama bisa saling menguntungkan dan tidak saling menindas. Ini menurut saya penting," kata Ganjar.

Pernyataan Ganjar tersebut lalu disambut tepuk tangan oleh peserta Rakernas LDII.

Editor : Muh. Syakir
#Ganjar Pranowo
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer