Rabu, 15 November 2023 13:30

Kenzio Kafe Tator Kena Razia: Ternyata tak Punya Izin, Terancam Ditutup

Satpol PP Tator melakukan razia ke THM di Mengkendek.
Satpol PP Tator melakukan razia ke THM di Mengkendek.

Selain tak memiliki izin, mereka juga beroperasi melewati batas waktu yang ditentukan.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Satpol PP bersama Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) melakukan razia ke sejumlah tempat hiburan malam di Mengkendek, Tana Toraja, Selasa (14/11/2023). Hasilnya, hampir semua THM yang beroperasi di kawasan itu tak mengantongi izin.

Salah satunya Kenzio Kafe. Kenzio Kafe sebelumnya dilaporkan karena beroperasi sampai pukul 04.00.

Razia dipimpin Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Anton Toding dan Kepala Dinas PTSP Yurinus. Keduanya mengaku akan lebih dulu mendata THM itu.

"Jadi tadi kita lakukan operasi dan kita mendapatkan sejumalah kafe tidak memiliki surat izin. Namun kita sekarang fokus sama pendataan nanti ke depannya baru kita tegakkan perda," kata Anton Toding.

Menurut Anton, ada beberapa pelanggaran yang dilakukan THM. Di antaranya, selain tak memiliki izin, mereka juga beroperasi melewati batas waktu yang ditentukan.

"Sesuai dalam perda mereka hanya bisa beroperasi sampai dengan pukul 23.30. Kalau lewat itu pelanggaran. Kemudian pemilik kafe yang menjual minuman beralkohol dan tidak punya surat izin pasti kita akan tertibkan tanpa kecuali," tegas Anton Toding.

Sementara itu Yurinus mengatakan bahwa untuk sementara dilakukan edukasi sambil mereka melengkapi dokumen yang dipersyaratkan. Yurinus juga menegaskan, penjualan minuman beralkohol harus dilengkapi izin.

"Tidak diperbolehkan mereka jual miras kalau tidak memiliki surat izin. Nah surat izin yang kita kasi mereka hanya surat izin kafe yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Dan bisa mempekerjakan orang. Bagi yang menjual minum beralkohol mereka harus mempunyai omzet Rp5 miliar dan di sini semua kafe belum ada yang punya surat izin itu," tegasnya.

 

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
Berikan Komentar Anda