Kamis, 30 November 2023 21:49

APBD Bulukumba 2024 Ditetapkan, F-PKB tak Hadir

Rapat paripurna yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Bulukumba, Kamis 30 November 2023.
Rapat paripurna yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Bulukumba, Kamis 30 November 2023.

Fahidin menjelaskan saat ini merupakan hari-hari yang rumit, di mana APBD banyak dialihkan ke mandatori.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bulukumba 2024, resmi ditetapkan. Penetapan APBD ini, tak dihadiri satupun anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB).

Ranperda tentang APBD Bulukumba TA 2024, ditetapkan oleh Ketua DPRD Bulukumba H Rijal melalui rapat paripurna yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Bulukumba, Kamis, 30 November 2023.

Rapat paripurna itu dengan agenda penyampaian perubahan jadwal kegiatan DPRD Kab Bulukumba, penetapan Propemperda Kab Bulukumba TA 2024, pendapat akhir fraksi terhadap Ranperda tentang APBD Kab Bulukumba TA 2024, penyerahan 4 Ranperda Kab Bulukumba TA 2023 dan penandatanganan kesepakatan bersama atas penetapan Ranperda tentang APBD TA 2024, serta pendapat akhir Bupati atas penetapan Ranperda tentang APBD Kab Bulukumba TA 2024.

Baca Juga

Selain ketua dan anggota DPRD, rapat paripurna juga dihadiri Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Forkopimda Bulukumba, Sekda Bulukumba Muh Ali Saleng, serta para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal mengaku ketidak hadiran F-PKB tersebut, tak menjadi penghalang untuk penetapan Ranperda tentang APBD Bulukumba TA 2024. Apalagi kata dia, anggota F-PKB telah melalui tahapan demi tahapan pembahasan RAPBD tersebut.

"Mereka (Anggota F-PKB) sedang menghadiri tugas wajib di Jakarta, sehingga mereka tidak menghadiri rapat paripurna ini," kata Ketua DPRD Bulukumba kepada wartawan.

Sejatinya penetapan RAPBD ini, dijadwalkan pada Kamis pagi, 30 November 2023. Hanya saja, penetapan sempat tertunda dan rapat diskorsing hingga pukul 13.30 Wita.

Ketua F-PKB DPRD Bulukumba, Fahidin HDK menyampaikan alasan kuat ketidak hadirannya pada penetapan APBD tersebut. Saat ini, katanya, ada agenda seluruh anggota DPR PKB se Indonesia untuk bimbingan teknis mengenai strategi pemenangan menghadapi pemilu 2024 yang dilaksanakan di Jakarta, pada 27 sampai 30 November 2023.

"Tapi saya selaku anggota Banggar, sebelumnya hadir pada saat pembahasan. Namun tiga hari ini tak hadir karena ada tugas penting dari partai," katanya.

Fahidin mengaku pada prinsipnya F-PKB setuju dengan Ranperda APBD Bulukumba TA 2024 ditetapkan menjadi Perda. Sikap itu sudah sudah diputuskan bulat-bulat sebelum berangkat menghadiri agenda partai.

"Kami juga ada pendapat akhir fraksi yang disampaikan secara tertulis," ungkapnya.

Menurutnya anggota F-PKB sudah sangat terlibat pada proses pembahasan RAPBD, baik di tingkat mitra komisi maupun di tingkat Banggar. Ia juga menyebutkan bahwa bukan kali ini paripurna tak dihadiri salah satu fraksi, tapi sebelumnya juga pernah terjadi.

"Kita mau APBD Bulukumba 2024 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan-peraturan yang berlaku," jelas Fahidin, yang juga Ketua DPC PKB Bulukumba.

Fahidin menjelaskan saat ini merupakan hari-hari yang rumit, di mana APBD banyak dialihkan ke mandatori seperti di Dinas Pendidikan, Kesehatan, serta beberapa OPD lainnya.

"Jadi belanja OPD kita agak pincang. Olehnya diharapkan agar OPD yang mendapat mandatori, benar-benar melaksanakan APBD sesuai dengan ketentuan yang mengedepankan asas manfaat," tukasnya.

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Syakir
#APBD Bulukumba 2024 #Pemkab Bulukumba
Berikan Komentar Anda