Selasa, 12 Januari 2021 20:58

Rudy Akui Dilematis Soal Jam Malam: Ekonomi Harus Diselamatkan

Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin memberi arahan di depan OPD dan pelaku usaha.
Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin memberi arahan di depan OPD dan pelaku usaha.

Rudy mengungkapkan, pembatasan kegiatan masyarakat dilaksanakan demi kepentingan bersama. Agar laju penyebaran Corona bisa ditekan. Tetapi pemerintah tidak pernah melupakan perspektif ekonomi.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengakui keputusan melonggarkan jam malam bukanlah opsi ideal. Tapi langkah itu harus ditempuh demi menyelamatkan ekonomi masyarakat.

"Tidak ada lagi kepentingan individu di sini. Semua kita lihat dari berbagai sisi. Bahwa Corona memang harus kita kendalikan. Tapi di sisi lain ada ekonomi yang harus didukung," terang Rudy saat berbicara di depan para stakeholder Pemkot Makassar, Selasa (12/1/2021).

Pertemuan ini juga dihadiri para pelaku usaha. Rudy mengungkapkan, pembatasan kegiatan masyarakat dilaksanakan demi untuk kepentingan bersama. Agar laju penyebaran Corona bisa ditekan.

Baca Juga

Tetapi pemerintah tidak pernah melupakan perspektif ekonomi. Karena kata dia, ini juga menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Artinya, terukur itu jangan pemulihan ekonomi lantas juga menambah beban kita di dalam mobilitasnya. Oleh karenanya jam malam kita perlonggar sedikit agar ekonomi bisa terus bergerak," jelasnya.

Menurut Rudy, pelonggaran itu juga didasarkan pada analisis epidemiologi. Di mana telah memberikan hasil monitoring bahwa saat ini telah terlihat hasil dari pembatasan selama dua pekan. Setidaknya langkah memperlambat potensi penularan.

"Walaupun belum menurun, saat ini kita lihat kurvanya mulai landai. Tidak terus naik kayak tangga. Jadi kita ambil pertimbangan ekonomi, ekonomi juga tidak terlalu tertekan di satu sisi kita menjaga kelandaian ini dan kalau bisa berangsur-angsur turun seiring dengan tingkat kesembuhan yang semakin tinggi daripada yang terpapar," ungkapnya.

Rudy juga menginginkan agar pelonggaran ini tak membuat kepatuhan prokes menurun. Justru saat pelonggaran jam malam prokes harus lebih ketat.

Ia berharap kalangan pengusaha tidak abai. Rudy mengatakan, kurva yang melandai bisa tiba tiba naik jika kepatuhan menurun.

"Karena itu kita cegah agar potensi kerumunan diminimalisir. Terutama pada objek usaha yang basisnya orang banyak berkumpul," imbuhnya.

Editor : Muh. Syakir
#Pj Wali Kota Rudy Djamaluddin #Corona #Jam Malam di Makassar
Berikan Komentar Anda