Sabtu, 30 Maret 2024 21:27

IKA Smandel Angkatan 98 Makassar Gelar Buka Puasa Bersama dan Berbagi Takjil

Ist
Ist

Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan bagi-bagi takjil

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA- Momen bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 8 (Smandel) melaksanakan buka puasa bersama bertajuk "Tebar Kebahagiaan dengan Silaturahmi untuk Meraih Berkah Ramadan".

Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan bagi-bagi takjil yang dipusatkan di depan lokasi kegiatan atau depan Hotel Vasaka, Jalan AP. Pettarani, Makassar.

Ketua IKA Angkatan 98 Smandel Makassar Syahrul Juaksha Subuki mengatakan, pertemuan hari ini untuk memanfaatkan momentum Ramadan dengan memanfaatkan untuk silaturahmi dan buka puasa bersama.

Baca Juga

"Harapannya IKA Smandel Makassar Angkatan 98 ini bisa lebih erat silaturahminya, dan kekeluargaannya. Apalagi memang tujuan utama dari IKA adalah silaturahmi," ujarnya, Sabtu, (30/03/2024).

Dalam kegiatan silaturahmi ini dihadiri para alumni dari berbagai daerah dan kota di luar Makassar. Antara lain, dari Kabupaten Bulukumba, Sinjai hingga Bone, bahkan ada dari luar kota pula seperti Jakarta, Semarang, dan lainnya.

Tak hanya itu pada pertemuan tersebut pihaknya juga berencana akan membahas sejumlah agenda kedepannya, seperti Halal bi Halal usai perayaan Hari Raya Idul Fitri, hingga pembayaran zakat bersama. Kegiatan-kegiatan yang akan digelar pun dipastikan akan memberikan makna buka hanya bagi alumni, tetapi juga bagi masyarakat.

"Jadi setelah kepengurusan kami dilantik kami langsung mengagas beberapa program. Salah satunya buka puasa bersama ini, kemudian nanti juga akan kami gelar kegiatan sosial, pengembangan potensi anggota, termasuk juga pengembangan sekolah kami yang menjadi almamater kita bersama sebagai alumni," ujarnya.

Ie menjelaskan, salah satu kegiatan yang digelar yakni IKA Angkatan 98 ini akan menjadi fasilitator dalam memediasi seluruh alumni Smandel Makassar dalam berkontribusi untuk mengembangkan sekolah sebagai almamater tercinta.

"Untuk kegiatan sosial kami akan membuat bakti sosial, dan bakti profesi. Bakti profesi ini yaitu bagi alumni yang sudah sukses di pemerintahan maupun wiraswasta nantinya akan dilibatkan untuk berbagi ilmu kepada siswa-siswi SMA 8 Makassar," jelas Syahrul.

Menurutnya, silaturahmi antar sesama alumni harus terus dijaga, sebab pihaknya memandang IKA Angkatan 98 ini sebagai instrumen agar bagaimana bisa menjembatani alumni-alumni yang mempunyai potensi agar memberikan kontribusi positif untuk almamater.

"Tidak semata-mata silaturahmi saja, tetapi kita mau menjadi jembatan untuk pengembangan diri siswa-siswi di almamater tercinta. Bahkan juga alumni, terkhusus juga hadir untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat lainnya," tutupnya.

Sementara, Ketua Panitia Buka Puasa Bersama IKA Smandel Makassar Angkatan 98 Andi Ashadi mengatakan, kegiatan berbagi takjil ini menyasar pengendara hingga pekerja serabutan yang ada di sepanjang Jalan AP. Pettarani.

"Tadi kami menyiapkan sebanyak 500 dos yang kita bagikan bersama teman-teman pengurus," katanya.

Salam silaturahmi buka puasa bersama ini, pihaknya juga mengundang angkatan lainnya, termasuk angkatan senior mulai dari IKA Smandel Makassar angkatan 87,93, dan lainnya.

"Ada sekitar 50 an alumni yang hadir malam ini sesuai yang melakukan registrasi di grup alumni kami," katanya.

Ia berharap, dengan buka puasa bersama di momen Ramadan ini, selain semakin mempererat silaturahmi antar sesama alumni juga tentunya akan mendapatkan pahala yang luar biasa.

"Karena kami tahu dengan bersilatuhrahmi kami bisa memperpanjang usia. Tak hanya itu di setiap kegiatan yang kami gelar kami akan selalu memprioritaskan untuk berbagi," tegasnya.

Ketua Harian IKA Smandel Makassar Ikbal Thiro mengungkapkan, dalam silaturahmi buka puasa ini juga dilakukan pertemuan untuk membahas rencana Pemilihan Ketua IKA Smandel Makassar periode selanjutnya. Dalam pertemuan tersebut pun beberapa angkatan bersepakat memberikan dukungan untuk ikut serta dalam bursa Calon Ketua Umum IKA Smandel 2024-2028 yang berlangsung pada 18 Mei 2024 mendatang.

"Kebetulan Syahrul ini bermaksud untuk maju sebagai Ketua Umum IKA Smandel untuk periode selanjutnya. Ada sekitar 10 angkatan yang mendukung untuk maju, dan ini menjadi kekuatan moril untuk ia maju," ungkapnya.

Ia mengaku, pemberian dukungan tentunya dengan melihat rekam jejak, kapabilitas, hingga kemampuan dari seorang calon ketua umum.

"Kami melihat dinda Syahrul ini dari segi kompetensi, rekam jejak dan kapabilitas tidak bisa diragukan lagi. Beliau kita berkarier di Jakarta. Selain itu juga kontribusi beliau baik kepada IKA Smandel secara induk organisasi, maupun kepada angkatannya itu sangat dominan, makanya ini menjadi poin pertimbangan untuk kami usulkan," terangnya.

Editor : Rahma Amin
#IKA Angkatan 98 #buka puasa bersama
Berikan Komentar Anda