Rabu, 03 April 2024 11:36

5 Korban Kebakaran Pabrik di Kima Masih Dirawat, 9 Sudah Dipulangkan

Ist
Ist

Satu pekerja meregang nyawa dan total 14 pekerja lainnya mengalami luka-luka.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA- Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan tim Laboratorium Forensik (Labfor) guna melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terbakarnya salah satu pabrik di Kima tepatnya gedung milik PT Pokphand, Kota Makassar, Senin (1/4/2024) lalu.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengatakan, untuk saat ini setelah melakukan olah TKP awal pihaknya telah meminta keterangan saksi sebanyak 20 orang.

"Satreskrim, Polsek, melaksanakan olah TKP tentunya ini belum selesai olah TKPnya masih dilanjutkan besok, hasil masih menunggu. Saksi sudah diperiksa 20 orang dari pihak perusahaan," jelas Ngajib kepada wartawan, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga

Ngajib bilang, untuk kondisi para korban luka juga sudah berangsur-angsur membaik. Sembilan korban luka telah pulang ke rumah masing-masing usai menjalani perawatan.

"Keadaan sekarang masih ada dirawat, ada juga sudah kembali. Sembilan orang sudah kembali ke rumah, sisa lima orang masih di rawat," ucapnya.

Perwira polisi berpangkat tiga bunga melati itu menjelaskan, pihaknya bakal kembali melakukan olah TKP lanjutan untuk mengungkapkan fakta peristiwa kebakaran di PT Pokphand tersebut.

"Ini masih penyelidikan, olah TKP dari Labfor, apakah ini ledakan pemicu api atau bagaimana," tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil penyelidikan sementara kebakaran diduga disebabkan lantaran adanya percikan api saat salah satu pekerja megelas pipa cerobong yang bocor.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib menjelaskan, saat pengelasan itu tiba-tiba ledakan besar terjadi disertai api yang dengan cepat menyebar.

"Jadi, ada satu cerobong bocor, kemudian dilakukan pengelasan oleh korban tadi. Inilah penyebab ledakan dan juga ada percikan api. Sehingga korban yang meninggal dunia," jelas Ngajib, Senin (1/4/2024) malam.

Atas peristiwa itu, satu pekerja meregang nyawa dan total 14 pekerja lainnya mengalami luka-luka dan dibawa ke dua rumah sakit (RS).

"Benar ada peristiwa kebakaran di pabrik kawasan Kima, setelah kita ke lokasi informasi ada 14 korban luka, dan satu meninggal dunia inisial AA," tutupnya.

Penulis : Aldi
Editor : Rahma Amin
#Kebakaran #Polrestabes Makassar
Berikan Komentar Anda