Rabu, 03 April 2024 13:34

Dahsyatnya Gempa Taiwan: 4 Tewas, Puluhan Bangunan Ambruk dan Picu Longsor

Bangunan yang ambruk akibat gempa Taiwan. (int)
Bangunan yang ambruk akibat gempa Taiwan. (int)

Jalur kereta api juga mengalami kerusakan, sedangkan sekolah dan tempat kerja ditutup sementara di sebagian besar wilayah tersebut.

TAIPEI, PEDOMANMEDIA - Dampak besar ditimbulkan oleh gempa Magnitudo (M) 7,5 yang mengguncang Taiwan, Rabu pagi (3/4) waktu setempat. 4 orang dilaporkan tewas dan puluhan bangunan runtuh.

Gempa juga menyebabkan puluhan orang mengalami luka-luka. Pemadaman listrik juga terpaksa dilakukan.

Seperti dilansir The Guardian dan CNN, Rabu (3/4/2024), Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan (NFA) melaporkan bahwa sedikitnya empat orang tewas dan lebih dari 57 orang lainnya mengalami luka-luka akibat gempa bumi yang tercatat sebagai yang terkuat di negara tersebut dalam 25 tahun terakhir.

Baca Juga

Laporan NFA menyebut salah satu korban tewas sedang melakukan pendakian di pegunungan distrik Hualien saat gempa mengguncang pada Rabu (3/4) pagi. sekitar pukul 07.58 waktu setempat. Distrik Hualien yang merupakan kota wisata populer diketahui terletak dekat dengan pusat gempa.

Badan Cuaca Pusat Taiwan sebelumnya melaporkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 15,5 kilometer, dan terletak di area lepas pantai timur Taiwan.

NFA dalam pernyataannya menyebut otoritas Taiwan masih mengumpulkan lebih banyak informasi soal para korban.

NFA dan Pusat Komando Darurat Pusat (CEOC) Taiwan, dalam laporan mereka, menyebut sedikitnya 26 gedung atau bangunan dalam kondisi "miring atau ambruk" usai gempa mengguncang. Sekitar 15 bangunan yang ambruk, menurut CEOC, berada di distrik Hualien.

Disebutkan juga oleh CEOC bahwa ada orang-orang yang terjebak di dalam tujuh gedung yang ambruk. Namun jumlah pasti orang-orang yang terjebak itu tidak disebutkan secara jelas.

Sejumlah video di media sosial menunjukkan anak-anak diselamatkan dari gedung tempat tinggal yang ambruk. Salah satu gedung lima lantai di Hualien, seperti terlihat dalam video yang beredar, tampak mengalami kerusakan parah, dengan lantai satu runtuh dan sebagian besar bangunan miring pada sudut 45 derajat.

Pusat Sains dan Teknologi Taiwan (CST) melaporkan bahwa orang-orang dan kendaraan terjebak di dalam terowongan Dachingshui. Sembilan insiden bebatuan runtuh dan longsor dilaporkan terjadi di ruas Jalan Raya Suhua, yang menghubungkan wilayah timur laut Taiwan dengan Hualien yang terletak dekat pusat gempa.

Ruas jalan raya lainnya yang menghubungkan pantai barat dengan pantai timur Taiwan juga mengalami kerusakan parah akibat bebatuan besar yang berjatuhan dari tebing usai gempa mengguncang. Laporan TVBS menyebut 12 mobil dihantam bebatuan yang runtuh dan sekitar sembilan orang mengalami luka-luka.

Saksi mata di Hualien menuturkan bahwa mereka sedang mengemudi ketika batu-batu berjatuhan dari gunung terdekat.

Jalur kereta api juga mengalami kerusakan, sedangkan sekolah dan tempat kerja ditutup sementara di sebagian besar wilayah tersebut.

CST melaporkan bahwa lebih dari 15 gempa susulan dengan kekuatan melebihi Magnitudo 4 telah mengguncang sejauh ini, namun kekuatannya semakin menurun.

 

Editor : Muh. Syakir
#Gempa Taiwan
Berikan Komentar Anda