Sabtu, 20 April 2024 12:11

Demokrat Incar Kursi Menko di Kabinet Prabowo

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

Herzaky menyambut jika partai di luar KIM turut terlibat dalam kabinet Prabowo-Gibran nantinya.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Partai Demokrat mengincar kursi signifikan di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Berapa kursi menteri yang ditargetkan Demokrat?

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Putra Mahendra bicara terkait kabinet Prabowo-Gibran. Dia menyebut Ketua Umum (Ketum) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menjadi orang pertama yang akan diutus partai untuk dilibatkan di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming nantinya.

"Pak Prabowo sudah meminta kader-kader terbaik dari Demokrat. Sekarang Demokrat yang terbaik nomor satu siapa? Ya Mas AHY," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga

"Pada saat turbulensi politik kita memastikan, lagi ngegas ini, tahu-tahu berubah, belok mendadak, itu kan nggak mudah, tetapi Mas AHY bisa memimpin dengan baik gitu. Dan alhamdulilah akhirnya menjadi bagian dari pemerintahan, pemenang pilpres, Demokrat kembali masuk ke pemerintahan," imbuhnya.

Meski begitu, Herzaky menyerahkan keputusan soal penentuan menteri untuk AHY kepada Prabowo sebagai presiden nantinya. Menurutnya, AHY bisa bekerja dengan cepat di sisa masa jabatan sebagai Menteri ATR/BPN.

"Ya menterinya, kita percayalah kepada Pak Prabowo. Melihat kapasitas, kapabilitasnya, hari ini beliau sudah menjadi Menteri ATR/Kepala BPN. Kita lihat bagaimana kinerja beliau, beliau bekerja semaksimal mungkin, belajar dengan cepat, dan alhamdulilah kan selama ini ada terobosan-terobosan yang sudah dilakukan," kata Herzaky.

Herzaky menilai AHY tak masalah jika mendapat penugasan sebagai menko ataupun menteri teknis. Menurutnya, AHY tidak pernah memilih-milih tugas.

"Ya kita, mungkin saja di menko, mungkin saja di teknis, tergantung Pak Prabowo karena Mas AHY nggak pernah memilih-milih tugas. Beliau di manapun ditempatkan siap, dipercaya oleh Pak Prabowo, memberikan tempat terbaik untuk masyarakat bangsa dan negara," katanya.

Selain itu, Partai Demokrat (PD) juga tak masalah apabila partai di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) nantinya bergabung koalisi pemerintahan di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Demokrat menilai bagus jika elemen bangsa bersatu.

"Bagus-bagus saja, karena bagi kami yang penting elemen tokoh bangsa bersatu. Tapi bagi kami semua elemen bangsa ini bisa bergabung bersama. Tapi lagi-lagi bukan kami ingin tidak ada oposisi, bukan," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Herzaky mengatakan Prabowo sendiri hendak mengajak seluruh pihak untuk membangun bangsa. Namun, dia tak masalah jika ada pihak yang memiliki sikap politik sebagai oposisi pemerintahan.

"Pak Prabowo ingin mengajak semua karena bagaimanapun membangun bangsa ini tidak mudah, tapi kalau ada oposisi tetap bagus, karena bagaimanapun kita butuh teman di dalam, maupun teman di luar (pemerintahan)," ujar dia.

Lebih jauh, Herzaky menyambut jika partai di luar KIM turut terlibat dalam kabinet Prabowo-Gibran nantinya. Partai Demokrat, kata dia, tak masalah dengan urusan jatah menteri.

"Nggak (masalah). Kan proporsi (jumlah kursi menteri) banyak. Kita bukan bicara dapat berapa atau apa, tapi bagaimana kita sama-sama berjuang. Kami bersama Pak Prabowo sudah berkomitmen, Pak Prabowo langkahnya apa kita percaya. Karena kalau kita lihat siapapun yang akan bergabung pasti yang terbaik bagi bangsa dan negara," kata dia.

Editor : Muh. Syakir
#Partai Demokrat #Prabowo-Gibran
Berikan Komentar Anda