Rabu, 20 Januari 2021 07:55

Tadi Malam Bili-bili Lempar "Alarm", Elevasi Dekati Batas Normal

Bendungan Bili-bili dalam kondisi normal. Saat ini elevasi naik.
Bendungan Bili-bili dalam kondisi normal. Saat ini elevasi naik.

Sejak Selasa 19 Januari 2021 pukul 14.00 Wita, elevasi Bilibili naik +97,67 M dpl dari batas normal + 99,50 Mdpl. Sesuai SOP maka pada pukul 14.15 WITA, balai menambah pembukaan pintu pelimpah.

GOWA, PEDOMANMEDIA - Elevasi di Bendungan Bili-bili, Gowa mulai mendekati batas normal sejak Selasa siang hingga malam tadi. Pintu pelimpah yang sebelumnya hanya berkisar 60 cm, kini dibuka 100 cm.

Pihak Balai BBWS Pompengan Jeneberang mengonfirmasi, pembukaan pintu pelimpah dilakukan akibat tingginya curah hujan. Jika dalam sepekan hujan masih dalam intensitas di atas rata rata, pintu pelimpah akan dibuka lebih tinggi.

Dalam keterangan tertulis, Balai BBWS Pompengan menyebut, sejak Selasa 19 Januari 2021 pukul 14.00 Wita, elevasi Bilibili naik +97,67 M dpl mendekati batas normal + 99,50 Mdpl. Sesuai SOP dan untuk mempertahankan volume air normal, maka pada pukul 14.15 WITA, balai menambah pembukaan pintu pelimpah dari 60 cm menjadi 70 cm.

"Disampaikan kepada masyarakat tidak melakukan kegiatan penyeberangan sungai, menambang, menjala ikan di hilir bendungan Bili-bili dan kegiatan lainnya di muara Sungai Jeneberang," demikian peringatan dari Balai BBWS Pompengan.

Kemudian pada malam tadi pukul 18.45, Bili-bili kembali melempar "alarm" mengenai kenaikan elevasi. Pihak Balai terpaksa kembali menambah pembukaan pintu pelimpah dari 90 cm menjadi 100 cm.

Terkait tingginya curah hujan di daerah hulu yang mengakibatkan volume air di bendungan Bili-bili hampir mencapai normal, Polres Gowa mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto mengatakan, saat ini elevasi di Bendungan Bili-bili telah mencapai 98.02 MDPL dan masih dalam kondisi di bawah normal. Namun dengan tingginya curah hujan di daerah hulu akan mengakibatkan elevasi di waduk kian naik.

"Sampai tadi malam elevasi Bili-bili masih di bawah normal. Tapi curah hujan saat ini cukup tinggi. Jadi kita harus tetap waspada. Tetapi jangan panik. Warga yang berada di bantaran Sungai Jeneberang kami minta untuk tidak melakukan aktivitas," kata Budi.

Tidak hanya itu kepada masyarakat yang berdomisili di lokasi rawan banjir juga diminta tetap waspada. Karena sewaktu-waktu elevasi di sungai Jeneberang dapat saja berubah. m

Mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi.

Pihak Balai menyatakan akan terus memantau perkembangan. Pihak pemerintah daerah Sulsel, Makassar dan Gowa juga telah menerima konfirmasi dari Balai BBWS mengenai kondisi terakhir Bili-bili malam tadi.

Termasuk TNI dan Polri juga diminta agar meningkatkan kesiapan mitigasi jika sewaktu waktu elevasi Bili-bili berada di atas normal.

Penulis : Alfian Irma
Editor : Muh. Syakir
#Balai BBWS Pompengan #Bendungan Bili-bili #Elevasi Bili-bili
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer