Jumat, 10 Mei 2024 07:13

LIGA EUROPA: Tahan AS Roma 2-2, Leverkusen ke Final

Pemain Leverkusen merayakan gol ke gawang AS Roma. (int)
Pemain Leverkusen merayakan gol ke gawang AS Roma. (int)

Mereka akan berjumpa Atalanta di final pada 23 Mei mendatang.

LEVERKUSEN, PEDOMANMEDIA - Bayer Leverkusen melangkah ke final Liga Europa usai bermain seri 2-2 dengan AS Roma, dini hari tadi. Hasil ini cukup mengantarkan pasukan Xabi Alonso laga puncak karena menang agregat 4-2.

Bermain di BayArena, Leverkusen yang tampil dominan justru kebobolan via penalti Leandro Paredes di menit ke-43. Gelandang 29 tahun itu lalu menggandakan skor pada menit ke-66, juga lewat titik putih.

Gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-83 membuat skor menjadi 1-2 pada menit ke-83. Josip Stanisic lalu mencetak gol di injury time untuk memastikan skor menjadi 2-2 di akhir laga.

Baca Juga

Kemenangan 2-0 di Roma pada leg pertama pekan lalu memastikan Leverkusen lolos ke final dengan agregat 4-2. Mereka akan berjumpa Atalanta di final pada 23 Mei mendatang.

Jalannya pertandingan

Roma sudah mengancam sejak menit ke-4, tetapi peluang emas lewat tembakan jarak dekat Romelu Lukaku sukses digagalkan kiper Leverkusen, Matej Kovar. Leverkusen balas menekan via tembakan jarak jauh Granit Xhaka di menit ke-9, namun bola melambung di atas gawang.

Exequiel Palacios juga melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-16, tetapi berhasil diblok kiper Roma, Mile Svilar. Upaya serupa dari Piero Hincapie tak lama berselang belum berhasil menemui sasaran.

Tembakan mendatar Lorenzo Pellegrini di menit ke-17 mampu diamankan Kovar. Leverkusen kemudian memperoleh lima peluang emas. Svilar menepis tembakan Adam Hlozek pada menit ke-25, lalu tendangan Palacios empat menit berselang.

Tembakan jarak jauh Jeremie Frimpong juga ditepis kiper Serbia tersebut pada menit ke-32. Nasib serupa juga dialami tendangan Amine Adli di menit ke-39 dan Hlozek tak lama berselang. Menit ke-43, Roma justru membuka keunggulan.

Pelanggaran Jonathan Tah terhadap Sardar Azmoun di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Leandro Paredes maju sebagai penendang dan sukses membobol gawang Kovar.

Gelandang Argentina itu kemudian menyamakan kedudukan juga lewat tembakan penalti pada menit ke-66. Kali ini tembakan 12 pas diberikan akibat handball Hlozek. Skor 2-0 membuat laga kembali imbang 2-2 secara agregat, namun nasib baik masih menaungi tuan rumah.

Kesalahan Gianluca Mancini dalam menghadapi sepak pojok pada menit ke-83 berujung gol bunuh diri ke gawang sendiri. Skor 2-1 membuat Roma harus mencari gol ketiga karena mereka kembali tertinggal secara agregat, namun tim asuhan Daniele De Rossi justru kebobolan gol kedua.

Lewat serangan balik, tembakan Josip Stanisic ke sudut kiri gawang pada menit 90+7 memastikan diri Leverkusen selamat dari kekalahan dan memperpanjang rekor tak terkalahkan di musim ini menjadi 49 laga serta memastikan satu tempat di Dublin.

Susunan pemain

Bayer Leverkusen: Matej Kovar, Edmond Tapsoba, Jonathan Tah, Piero Hincapie, Jeremie Frimpong (Josip Stanisic 90'), Exequiel Palacios, Granit Xhaka, Alex Grimaldo (Odilon Kossounou 90'), Jonas Hofmann (Florian Wirtz 81'), Adam Hlozek (Patrik Schick 74'), Amine Adli.

AS Roma: Mile Svilar, Angelino (Chris Smalling 81'), Gianluca Mancini, Evan Ndicka, Leonardo Spinazzola (Nicola Zalewski 21'), Lorenzo Pellegrini (Tammy Abraham 81'), Leandro Paredes, Bryan Cristante, Stephan El Shaarawy, Romelu Lukaku, Sardar Azmoun (Edoardo Bove 72').

 

Editor : Muh. Syakir
#Liga Europa #Bayern Leverkusen #AS Roma
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer