Rabu, 15 Mei 2024 08:22

Respons Aduan Warga, Dinas PU Makassar-BBWS Pompengan Bersihkan Kanal Kandea

Satgas Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar membersihkan kanal Kandea.
Satgas Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar membersihkan kanal Kandea.

Pihaknya terpaksa menggunakan rakit karena sampah tersebar pada beberapa titik.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Satgas Drainase dan Paritta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar berkolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan (BBWS Pompengan Makassar) membersihkan kanal Kandea, Selasa (14/05/2024). Ini bentuk tindakan responsif Dinas PU Makassar usai menerima aduan masyarakat.

"Jadi kemarin saya menerima laporan adanya tumpukan sampah di kanal Kandea. Setelah menerima laporan tersebut saya langsung koordinasikan kepada Kabid dan PPTK yang membidangi hal tersebut dan saya memerintahkan agar laporan tersebut langsung ditindaklanjuti. Kenapa langsung ditindaki karena ini adalah bentuk tindakan responsif kami kepada masyarakat atas laporan-laporan yang kami terima," ujar Kadis Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir kepada PEDOMANMEDIA, Selasa (14/05/2024).

Menurut Zuhaelsi, Kabid dan PPTK Satgas drainase langsung meninjau lokasi dan melaporkan kondisi di lapangan.

Baca Juga

"Tadi Satgas Drainase dan Paritta, berkolaborasi dengan BBWS Pompengan Makassar melakukan pembersihan sampah di kanal Kandea. Para petugas satgas kami dari Dinas PU Makassar bersama BBWS Pompengan sampai berenang di Kanal untuk melakukan pembersihan," ungkap Zuhaelsi.

Sementara itu PPTK Satgas Drainase Dinas PU Makassar Ronny Narra mengatakan, penanganan ini adalah bentuk respons cepat pihaknya.

"Jadi ibu Kadis menerima laporan kemarin sore (Senin 13/05/2024) mengirimkan ke kita, saya bersama pak Kabid sore itu juga langsung mengambil langkah untuk melakukan survei lokasi di kanal Kandea , hasil survei kami bersama pak Kabid dilokasi memang banyak kotoran dan sampah, kami langsung berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan (BBWS Pompengan) karena wewenangnya mereka memang," ujar Ronny Narra.

Ronny juga mengungkapkan, kurang lebih 20 petugas dikerahkan untuk melakukan pembersihan dan mengangkut aampah sampah di Kanal Kandea.

"Tadi saya kerahkan satgas kanal 19 orang, satgas tim Paritta 16 orang dan satgas BBWS Pompengan menurut laporan dari anggota ada 17 orang. Jadi kami laksanakan kolaborasi bersama untuk membersihkan dan mengangkut sampah di kanal tersebut, instruksi ibu Kadis dari rapat-rapat sebelumnya tuntaskan kalau ada keluhan dari warga atau masyarakat Kota Makassar," beber Ronny.

Pihaknya terpaksa menggunakan rakit karena sampah tersebar pada beberapa titik. Selain itu, tim juga menggunakan cara efektif dengan mendorong sampah ke satu tempat menggunakan bambu.

"Jadi petugas kami sambil berenang dan menggunakan rakit mereka mendorong menggunakan bambu, baru kami angkat sampahnya," tutup Ronny.

Penulis : Nober Salamba
Editor : Muh. Syakir
#Dinas PU Makassar
Berikan Komentar Anda