Rabu, 15 Mei 2024 21:29

Dinkes Torut Dorong UPT Puskesmas Tikala Penuhi Standar Pelayanan dan Budaya Mutu

Dinas Kesehatan Toraja Utara memberikan pendampingan dalam menyusun dokumen SK dan SOP serta formulir skrining di UPT Puskesmas Tikala.
Dinas Kesehatan Toraja Utara memberikan pendampingan dalam menyusun dokumen SK dan SOP serta formulir skrining di UPT Puskesmas Tikala.

Delivery unit yang diharapkan dapat memberikan layanan primer di tingkat kecamatan adalah puskesmas

TORUT, PEDOMANMEDIA - Dinas Kesehatan Toraja Utara memberikan pendampingan dalam menyusun dokumen SK dan SOP serta formulir skrining di UPT Puskesmas Tikala. Pendampingan ini untuk mendorong puskesmas dalam memenuhi standar penyelenggaraan pelayanan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Torut Yosep R Para'pak menyampaikan, kegiatan ini untuk memenuhi standar penyelenggaraan puskesmas, meningkatkan kepatuhan terhadap penyelenggaraan pelayanan, serta terwujudnya budaya mutu dan keselamatan pasien.

"ILP (Integrasi Layanan Primer) berfokus pada tiga hal yaitu siklus hidup yang berfokus pada integrasi layanan, perluasan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat kelurahan desa dan dusun, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan," jelas Yosep.

Dijelaskan Yosep, ILP adalah bagian dari transformasi pelayanan kesehatan primer yang berfokus pada tiga hal dengan sasaran ILP meliputi meliputi ibu hamil, bersalin, nifas, bayi dan anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja, usia dewasa dan lansia. Ditambah dengan pengendalian penyakit menular dan layanan lintas klaster yang terdiri dari Laboratorium, Farmasi Kegawatdaruratan, rawat inap (bagi puskesmas dengan rawat inap).

Ia juga menjelaskan, delivery unit yang diharapkan dapat memberikan layanan primer di tingkat kecamatan adalah puskesmas. Di tingkat kalurahan dan desa adalah pustu, dan di tingkat RT/RW dan dusun adalah posyandu.

Kepala UPT Puskemas Tikala, Leila Sagita mengaku sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan dalam hal ini Bidang Kesmas yang telah memberikan pembinaan dan pendampingan. Pendampingan ini sangat penting karena puskesmas memiliki peran yang strategis dalam pembangunan kesehatan.

"Tujuan pendampingan agar puskesmas dapat menjalankan peran dan fungsinya secara optimal, dan tentunya puskesmas harus dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat," imbuhnya.

Editor : Muh. Syakir
Berikan Komentar Anda