Selasa, 21 Mei 2024 20:13

Passobis Catut Dishub Makassar Nyaris Tipu Rijal Djamal, Kadishub: Hati-hati!

Zainal Ibrahim
Zainal Ibrahim

Akhirnya, Rijal mengecek rekening mutasi. Ternyata tidak ada dana yang masuk Rp10 juta di rekening miliknya.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Dinas Perhubungan Kota Makassar dicatut oleh kawanan penipu di dunia digital (passobis). Dalam aksinya pelaku mengatasnamakan Dishub Makassar dan meminta sejumlah uang pada calon korbannya.

Ini terlihat pada video yang diungggah salah satu content creator, Rijal Djamal yang hampir tertipu oleh aksi pelaku. Kadishub Makassar Zainal Ibrahim yang dikonfirmasi mengaku sudah melihat video tersebut.

"Mudah-mudahan bukan pegawai Dishub karena dalam video di atas tidak ada identitas yang disampaikan tidak jelas itu videonya terpotong-potong itu saya lihat. Tapi saya minta masyarakat hati hati. Jangan mudah percaya," ujar Zainal Ibrahim, kepada PEDOMANMEDIA, Selasa (21/05/20240.

Baca Juga

Kendati demikian, meski hal tersebut tidak benar tetapi dirinya tetap meminta jajarannya agar untuk menjaga etika, profesinalisme dan integritas dalam bekerja.

"Secara internal saya tetap sampaikan kepada teman-teman saya untuk menjaga etika, bekerja profesionalisme, dan integritas bekerja. Supaya apa pun itu yang kita laksanakan tetap di jalur koridor yang benar," tutup Zainal.

Sebelumnya content creaotor Rijal Djamal mengunggah video yang menceritakan dirinya hampir tertipu oleh passobis yang mengatasnamakan Dishub Makassar.

"Kemarin saya ditipu, dia mengundang saya dia memberikan DP Rp10 juta ternyata itu adalah penipu kalau bahasanya orang Makassar adalah passobis. Bahasanya keren banget kakak Rijal kami mengundang acara ulang tahun Dinas Perhubungan Kota Makassar, bisa minta nomornya kaka Rijal," cerita Rijal.

Diungkapkan Rijal dengan menggunakan bahasa yang meyakinkan, passobis berhasil memengaruhi admin dan manajemennya.

"Admin saya, manajemen saya itu sudah terpengaruh. Kak mauki diundang kak, disiapkan hotel, disiapkan ini honor begini-begini dan juga include dengan homeband-nya. Saya sudah diajak bicara baku telpon halo ia pak Rizal minta maaf kami mau langsung transfer untuk booking tanggal karena kakak Rijal kan sibuk. Saya kirimlah nomor rekening BNI tiba-tiba tidak sampai 5 menit, tiba-tiba kirim kakak Rizal alhamdulillah pimpinan kami sudah transfer kakak Rijal, saya lihat (bukti tranfer) oh Rp10 juta dari bank BCA ke bank BNI," Cerita Rizal.

Lanjut Rijal bercerita, tiba-tiba pelaku menelepon lagi.

"Dia bilang Pak Rijal mohon maaf ternyata tadi yang kami kirimkan itu yang mengurus keuangan itu salah, karena saya diminta jadi MC dia kira MC paket dengan vendor fotografer ternyata untuk akarnya disitu Rp7 juta dan untuk vendor fotografer Rp3 juta. boleh dikirim balik pak Rizal ke nomor rekening vendor fotografernya, takutnya fotografernya cancel," cerita Rizal.

Akhirnya, Rijal mengecek rekening mutasi. Ternyata tidak ada dana yang masuk Rp10 juta di rekening miliknya.

"Saya langsung WA belum ada yang masuk bang ya, penipuan kali ini ya, saya coba telpon sudah tidak mau diangkat padahal dari tadi dia mengangkat terus. Ternyata saya telpon saya telpon oh ternyata saya sudah diblokir," ceritanya.

 

Penulis : Nober Salamba
Editor : Muh. Syakir
#Dishub Makassar
Berikan Komentar Anda