Kamis, 30 Mei 2024 09:00

Perangkat Daerah Luwu Utara Diminta Proaktif Respons Setiap Aduan melalui SP4N-LAPOR!

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

Salah satu permasalahan kita selama ini adalah kurang tersosialisasikannya aplikasi SP4N-LAPOR! ini kepada masyarakat.

LUTRA, PEDOMANMEDIA - Sekretaris Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Utara diminta proaktif terhadap seluruh aduan publik yang masuk melalui kanal aplikasi SP4N-LAPOR!. Hal ini ditegaskan Bupati melalui Asisten Administrasi Umum, Muhammad Asyir Suhaeb, saat membuka Lokakarya Peningkatan Jumlah dan Akses Aduan melalui Kanal SP4N-LAPOR!, Rabu (29/5/2024), di Ruang Rapat Wakil Bupati.

Asyir mengatakan, sebagai pejabat penghubung SP4N-LAPOR! di daerah, Sekretaris PD wajib merespon dan menindaklanjuti setiap aduan yang masuk. Mengingat selama ini, pengaduan masyarakat yang masuk via kanal SP4N-LAPOR! belum mendapatkan respon dan tindak lanjut yang memadai.

“Saya minta Sekretaris PD lebih proaktif menindaklanjuti setiap aduan yang masuk,” tegas Asyir pada lokakarya yang dilakukan secara daring dan luring tersebut.

Baca Juga

Tak hanya itu, Asyir juga membeberkan minimnya aduan yang masuk ke SP4N-LAPOR! akibat kurang masifnya sosialisasi dilakukan.

“Salah satu permasalahan kita selama ini adalah kurang tersosialisasikannya aplikasi SP4N-LAPOR! ini kepada masyarakat,” ungkap Asyir.

Akibatnya, kata dia, publik lebih banyak memanfaatkan media sosial sebagai media pengaduan.

“Oleh karena itu, sekali lagi saya berharap sosialisasi terkait SP4N-LAPOR! ini agar disosialisasikan lebih dioptimalkan lagi dengan dengan melibatkan seluruh perangkat pemerintahan, baik di desa maupun kelurahan,” tandas mantan Kasatpol PP dan Damkar ini.

Sekadar diketahui, SP4N-LAPOR! adalah sebuah aplikasi pengaduan masyarakat yang terintegrasi langsung secara nasional. Aplikasi ini ditetapkan sebagai aplikasi pengaduan publik secara nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri PANRB Nomor 3 Tahun 2015. SP4N-LAPOR! sendiri adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

Untuk diketahui, Lokakarya Peningkatan Jumlah dan Akses Aduan melalui Kanal SP4N-LAPOR! ini selama dua hari. Hari pertama, Rabu 29 Mei 2024, dengan melibatkan peserta dari Diskominfo-SP, Dinas Pendidikan, DP3AP2KB, Dinas PMD, Dinas Pertanian, dan Dinas Kesehatan, dengan total peserta sebanyak 43 orang.

Sementara hari kedua, Kamis 30 Mei 2024, melibatkan peserta dari PPDI Cabang Luwu Utara, KNPI Luwu Utara, Forum Anak Luwu Utara, PATBM, Simpul Belajar La Maranginang, Aisyiyah Luwu Utara, Fatayat NU Luwu Utara, UMKM Luwu Utara, IBI Luwu Utara, Petani Milenial, Pemerhati Lingkungan, Penyelenggaran Pariwisata, PGRI, IDI Luwu Utara, Aliansi Jurnalis Independen, PWI Luwu Utara, PDM Luwu Utara, dan Disporapar.

Untuk diketahui, kegiatan Lokakarya Peningkatan Jumlah dan Akses Aduan melalui Kanal SP4N-LAPOR! ini dilaksanakan oleh USAID-ERAT bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP). Turut hadir dalam lokakarya ini, PC USAID ERAT Wilayah Luwu Utara, Bahar Makkutana, dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Ikhdiani.

Editor : Muh. Syakir
#Pemkab Lutra
Berikan Komentar Anda