Minggu, 02 Juni 2024 18:38

9 PKD Ponre Bone Dilantik, Ketua Panwascam: Harus Aktif Sosialisasi

Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Ponre, Kabupaten Bone melantik PKD untuk Pilkada 2024.
Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Ponre, Kabupaten Bone melantik PKD untuk Pilkada 2024.

PKD melakukan tupoksinya dengan baik, bagaimana tetap berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

BONE, PEDOMANMEDIA - Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Ponre, Kabupaten Bone melakukan melantik Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) atau Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk Pilkada 2024 di Gedung Serbaguna BUMDES Pattimpa, Dusun Kampung Baru Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Bone, Ahad (2/6/2024). Sebanyak sembilan PKD atau PPL dilantik.

Pelantikan dipimpin Ketua Panwascam Ponre, A Ashwad Saputra.

Ashwad menyampaikan ucapan selamat kepada PKD/PPL yang baru dilantik. Ia mengingatkan bahwa PKD adalah ujung tombak Bawaslu di desa.

Baca Juga

"Kami ucapkan selamat atas pelantikannya menjadi bagian dari Bawaslu. PKD yang baru dilantik merupakan ujung tombak dari Bawaslu di tingkat desa masing-masing pengawasannya," tuturnya.

"Setelah ini silakan lakukan koordinasi dengan pemerintah desa, PPS dan semua stakeholder di desa masing-masing," sambungnya.

Menurut Ashwad, PKD mempunyai tugas, wewenang dan kewajiban untuk mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah desa.

"Juga harus aktif bersosialisasi dengan seluruh elemen masyarakat di desanya masing-masing," katanya.

Ia pun mengaskan kepada PKD untuk selalu menjaga integritas dan netralitas.

"Dalam menjalankan tugasnya selaku pengawas untuk selalu menjaga integritas, netralitas dan selalu melakukan penguatan atau koordinasi dengan pemerintah setempat, dan penyelenggara pemilihan senantiasa meningkatkan kerja sama dan tetap menjaga integritas," pungkasnya.

"Intinya selalu memenuhi tugas, Wewenang dan kewajiban sebagai PKD dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, berpedoman kepada Pancasila dan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kasi Pemerintahan Kecamatan Ponre

Darsang menyampaikan kepada PKD yang telah dilantik agar memegang teguh amanah.

"Kita adalah ujung tombak tingkat desa, bagaimana melakukan tugas dan wewenangnya," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan agar PKD melakukan tupoksinya dengan baik, bagaimana tetap berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Berharap dan berpesan menjaga integritas, menjaga kesatuan sebagai pengawas, dan jangan sombong dalam amanah ini. Sehingga nantinya penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 mendatang dapat berjalan lancar, aman, sukses," tutupnya.

Penulis : Abustan Abiy
Editor : Muh. Syakir
#Panwaslu Bone
Berikan Komentar Anda