Kamis, 21 Januari 2021 19:22

MK Terbitkan Surat Perkara Pemilu 2020, 5 Kabupaten di Sulsel Bersengketa

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Kelima kabupaten di Sulsel yang hasil Pilkadanya berperkara di MK, yakni Luwu Utara, Luwu Timur, Barru, Pangkep dan Bulukumba.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Rabu (20/01/2021) kemari, Mahkamah Konstitusi (MK) menerbitkan surat perkara sengketa Pemilu serentak 2020. KPU Sulsel telah menerima surat itu.

"Tentu (surat sudah kami terima). Bukan draft itu, tapi surat resmi," kata Uslimin saat PEDOMANMEDIA menunjukkan surat itu melalui via pesan singkat WhatsApp, Kamis (21/01/2021) sore tadi.

Menurut dia, surat dari KPU pusat sekaitan dengan penetapan pasangan calon terpilih pemilihan seretank 2020. Disertai lampiran nama-nama kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada 2020 lalu.

Baca Juga

Sedangkan, surat yang diterbitkan MK, terkait dengan keterangan perkara PHP-Gub/Kab/Kota tahun 2021 yang teregistrasi di MK. Berikut dengan daftar perselisihan hasil Pemilu, lengkap dengan nama paslon pemohon atau penggugat.

Saat ditanya kota/kabupaten mana saja yang hasil Pemilunya bersengketa di MK, Uslimin memilih mengarahkan untuk melihat isi surat itu.

"Ada lima yang bersengketa. Itu sudah lama beredar diberita sejak 23 Desember 2020. Bahkan jauh sebelumnya lagi, yakni sejak 12 Desember 2020," pungkasnya.

Begitu pun dengan jadwal penetapan calon kepala daerah terpilih, Uslimin kembali merujuk ke surat edaran KPU pusat tersebut. Yang kata dia, merupakan kewenangan dari KPU kota/kabupaten untuk memutuskan.

Berdasarkan surat tersebut, kelima kabupaten di Sulsel yang hasil Pilkadanya berperkara di MK, yakni Luwu Utara, Luwu Timur, Barru, Pangkep dan Bulukumba.

Editor : Budi Santoso
#Sengketa Pemilu #Pilkada Serentak 2020 #KPU Sulsel #Mahkamah Konstitusi
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer