Kamis, 30 Mei 2024 17:00

Hijrah Cerita Manfaat Antrean Online Mobile JKN: Pelayanan Kesehatan Makin Cepat

Hijrah didampingi suami menceritakan manfaat antrean online lelalui aplikasi mobile JKN
Hijrah didampingi suami menceritakan manfaat antrean online lelalui aplikasi mobile JKN

Dirinya merasakan banyak manfaat ketika menggunakan aplikasi itu. Berbagai fitur yang cukup lengkap juga ditunjang dengan kemudahan dalam penggunaan tentu menjadi poin plusnya.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Hijrah 22 tahun warga Buntu Batu Kabupaten Enrekanng, calon ibu muda menceritakan kehamilannya yang dapat menjadi inspirasi, dengan didampingi sang suami sedang menunggu antrean untuk melakukan periksa di poli Obygin RS Fatima Makale tanggal 08 Mei yang lalu. Ia berusaha melakukan yang terbaik untuk si buah hati salah satunya dengan mengikuti program JKN untuk ibu hamil.

“Bagi saya mungkin merasakan program BPJS ini sangat bermanfaat, apalagi ketika saya akan memeriksakan kandungan. Sudah dua kali saya mendapatkan fasilitas USG di Rumah Sakit Fatima dan masih banyak fasilitas kesehatan bagi ibu hamil lainnya,” Cerita Hijrah kepada tim Jamkesnews, BPJS Kesehatan Makale.

Program JKN saat ini sudah ditunjang dengan aplikasi pendukung yaitu Mobile JKN. Hal tersebut merupakan komitmen BPJS Kesehatan untuk senantiasa menghadirkan pelayanan terbaik kepada peserta, sesuai dengan transformasi mutu layanan mudah,cepat dan setara.

Baca Juga

Seperti yang dirasakan oleh Hijrah dirinya merasakan banyak manfaat ketika menggunakan aplikasi itu. Berbagai fitur yang cukup lengkap juga ditunjang dengan kemudahan dalam penggunaan tentu menjadi poin plusnya.

“Untuk Mobile JKN kebetulan saya sudah pakai dengan fitur yang cukup banyak. Biasanya untuk cek keaktifan JKN, saya juga menggunakan kartu digital ketika mendaftar periksa dan fitur antrean online jadi saya bisa mengantri secara online sehingga tidak perlu lagi mengantri lama di puskesmas atau rumah sakit, seperti saat ini,” Sebut Hijrah.

Menurut Hijrah ia mengambil antrean melalui aplikasi mobile JKN, dan dari aplikasi tersebut dirinya mengetahui nomor antrian yang diperoleh, jadi saat sudah mendekati nomor antrean , dirinya dan suami baru pergi ke rumah sakit.

Berbeda dengan dahulu saat sakit, menurutnya ia harus datang ke rumah sakit pagi-pagi sekali dan baru bisa dilayani nantinya siang menjelang sore karena pasien yang banyak. Saat ini dengan antrean online Aplikasi Mobile JKN jadi bisa lebih mudah dan cepat.

“Sekarang berobat cukup menunjukan nomor antrean pada aplikasi mobile JKN dan kartu digital, dan saya tidak perlu memikirkan biaya karena dijamin JKN,” kata Hijrah.

Hijrah menambahkan Aplikasi Mobile JKN merupakan sebuah inovasi yang memberikan banyak manfaat bagi Peserta JKN. Digitalisasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN diharapkannya dapat terus menyesuaikan dengan era digital saat ini.

Dengan menjadi peserta program JKN, menurutnya menjadi sebuah kelebihan dibandingkan pasien non JKN. Alur pelayanan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat puskesmas hingga rumah sakit sudah mempunyai alur yang jelas. Hal tersebut ditunjang supervisi yang ketat dari BPJS Kesehatan itu sendiri kepada faskes terkait. Dengan kata lain pasien JKN terjamin untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang baik.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih khususnya kepada peserta JKN lain yang sudah taat dalam membayar kewajibannya. Menurutnya sudah sepatutnya warga masyarakat bergotong-royong dalam membantu sesama.

Mungkin saat ini kondisi sehat dan belum membutuhkan program JKN, namun dengan membayar tertib ketika suatu saat membutuhkan tentu tidak mengalami kendala. Lebih lanjut dirinya juga berharap program JKN akan terus mendampinginya hingga persalinan tiba nanti.

“Sekarang sudah tidak begitu memikirkan masalah biaya yang timbul nanti. Saya bersyukur sudah terdaftar sebagai peserta BPJS dengan banyaknya manfaat yang didapat seperti USG gratis dan juga konsultasi selama ini. Terima kasih kepada pemerintah atas bantuan khususnya mungkin untuk para ibu yang sedang hamil,” ungkapnya.

Banyaknya manfaat yang Hijrah dapatkan selama ini, ia pun berencana akan mendaftarkan juga sang buah hati. Bagi dirinya, kesehatan menjadi prioritas utama karena tak ternilai harganya. Dengan ikut serta program JKN berarti sudah terlindungi dan ketika sakit tiba ada jaminan kesehatan dari pemerintah.

Program BPJS Kesehatan yang selama ini dinilai baik ia pun senantiasa berharap akan lebih ditingkatkan. Lebih lanjut ia pun berpendapat BPJS Kesehatan harus tetap ada dan didukung masyarakat karena merupakan jaminan kesehatan yang sangat menjangkau seluruh segmen masyarakat.

Penulis : Nober Salamba
Editor : Redaksi
#Mobile JKN #Program JKN
Berikan Komentar Anda