Senin, 10 Juni 2024 21:14

Hasto Keberatan Handphone Disita, KPK: Penyidik Sedang Cari Bukti

Hasto Kristiyanto usai diperiksa KPK.
Hasto Kristiyanto usai diperiksa KPK.

Hasto mengaku telah menyampaikan keberatan atas penyitaan handphone miliknya tersebut.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan keberatan saat handphone miliknya disita penyidik saat menjalani pemeriksaan siang tadi. KPK menyebut, penyitaan dilakukan dalam rangka mencari bukti tindak pidana korupsi.

"Penyitaan handphone milik saudara H adalah bagian dari kewenangan penyidik dalam rangka mencari bukti-bukti terjadinya peristiwa tipikor dimaksud," kata Tim Jubir KPK, Budi Prasetyo, di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024).

Budi mengatakan penyidik sempat menanyakan kepada yang bersangkutan apakah dia keberatan jika ponsel miliknya diperiksa. Hasto lalu menjawab ponsel miliknya ada di salah satu stafnya.

Baca Juga

"Penyidilk meminta staf dari saksi H dipanggil dan setelah dipanggil, penyidik menyita barang bukti berupa elektronik (HP), catatan dan agenda milik saksi H," ujar Budi.

KPK mengatakan ponsel merupakan salah satu barang bukti elektronik dalam perkara korupsi. Berdasarkan dasar tersebut, kata Budi, penyidik memiliki wewenang untuk melakukan penyitaan.

KPK juga segera menjadwalkan pemanggilan lanjutan kepada Hasto. Namun, belum diketahui agenda pemeriksaan tersebut.

"Penyidik akan mengagendakan pemeriksaan saksi H berikutnya," kata Budi.

Hasto Protes Ponselnya Disita KPK

KPK diketahui menyita handphone milik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto mengaku sempat berdebat dengan penyidik KPK.

"Kami tadi berdebat karena sepengetahuan saya sebagai saksi di dalam kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana saya berhak untuk didampingi penasihat hukum," kata Hasto di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/6).

Penyitaan handphone milik Hasto itu terjadi saat penyidik KPK memeriksa Sekjen PDIP di gedung KPK. Di tengah pemeriksaan KPK lalu memanggil salah satu staf Hasto hingga melakukan penyitaan handphone milik Hasto.

"Pemeriksaan saya belum masuk materi pokok perkara karena di tengah-tengah itu kemudian staf saya yang namanya Kusnadi itu dipanggil katanya untuk bertemu dengan saya tetapi kemudian tasnya dan handphone-nya atas nama saya itu disita," ujar Hasto.

Hasto mengaku telah menyampaikan keberatan atas penyitaan handphone miliknya tersebut. Dia mengatakan pemeriksaannya hari ini pun tidak dilanjutkan.

"Kemudian ada handphone yang disita dan saya menyatakan keberatan atas penyitaan handphone tersebut. Ya karena segala sesuatunya harus didasarkan sesuai dengan hukum acara pidana. Karena ini sudah suatu bentuk tindakan yang pro justitia sehingga hak untuk didampingi penasihat hukum itu seharusnya dipenuhi oleh mereka yang menegakkan hukum," jelas Hasto.

"Sehingga teman-teman pers kemudian akhirnya kami menyampaikan kalau gitu nanti pada kesempatan lain kami akan datang memenuhi undangan dari KPK sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen kami sebagai warga negara," sambungnya.

 

Editor : Muh. Syakir
#Hasto Kristiyanto #KPK #Harun Masiku
Berikan Komentar Anda