Selasa, 02 Juli 2024 07:04

EURO 2024: Taklukkan Slovenia, Portugal ke Perempat Final

Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti ke gawang Slovenia. (int)
Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti ke gawang Slovenia. (int)

Portugal berhasil ke perempatfinal lewat kemenangan 3-0 di adu penalti. Cristiano Ronaldo cs bertemu Prancis.

FRANKFURT, PEDOMANMEDIA - Portugal menang dramatis atas Slovenia di babak 16 besar Euro 2024. Cristiano Ronaldo cs menang lewat adu penalti.

Portugal vs Slovenia berlangsung di Waldstadion, Frankfurt, Selasa (2/7/2024) dini hari. Duel ini tak kunjung menghasilkan pemenang sampai babak tambahan 2x15 dan harus ditentukan lewat adu penalti.

Portugal berhasil ke perempatfinal lewat kemenangan 3-0 di adu penalti. Cristiano Ronaldo cs bertemu Prancis.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Peluang emas dimiliki Portugal pada menit ke-13. Bernardo Silva melepaskan bola ke tiang jauh yang terlambat disambar Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes.

Portugal masih kesulitan menembus pertahanan Slovenia selama laga berjalan setengah jam. Bola yang dialirkan Portugal ke kotak penalti kerap dimentahkan pasukan Matjaz Kek.

Ronaldo nyaris merobek gawang Slovenia di menit ke-34. Bola tembakan bebas Ronaldo melambung tipis di atas gawang.

Peluang kembali dilewatkan oleh Ronaldo semenit kemudian. Dia hanya menanduk angin saat bola umpan silang Vitinha melintas di mulut gawang Slovenia.

Sebuah serangan balik berbahaya dilakukan Slovenia. Petar Stojanovic melakukan umpan tarik ke tengah kotak penalti Portugal, namun bola dapat disapu Nuno Mendes sebelum disambar Andraz Sporar.

Slovenia sedikit lebih mengancam Portugal mendekati turun minum. Ada bola tembakan Benjamin Sesko yang masih bisa ditangkap Diogo Costa. Skor 0-0 bertahan di babak pertama.

Ronaldo kembali gagal merobek gawang Slovenia di 10 menit awal babak kedua. Bola tembakan bebas kerasnya di tepi kotak penalti mampu ditepis Jan Oblak.

Slovenia mendapatkan momentum serangan balik di menit ke-61. Sesko adu sprint dengan Pepe dan melepaskan tembakan di kotak penalti, namun arah bola melebar dari target.

Ronaldo nyaris membawa Portugal unggul di menit ke-89. Dari jarak dekat, bola tembakannya bisa ditangkap Oblak.

Portugal sangat kesulitan memecah kebuntuan. Slovenia dapat bertahan dengan baik hingga skor 0-0 bertahan di waktu normal dan duel dilanjutkan ke tambahan 2x15 menit.

Portugal mendapatkan hadiah penalti di babak pertama tambahan waktu setelah Diogo Jota dijegal usai dikepung empat pemain Slovenia. Ronaldo maju sebagai eksekutor dan bola tembakannya ditepis Oblak pada menit ke-105.

Pertandingan kemudian berlanjut ke tambahan babak kedua dengan skor masih 0-0. Portugal sempat mengancam di awal.

Pepe kehilangan bola di menit ke-114. Sesko mampu mencurinya dan melepaskan tembakan saat berhadapan dengan Costa, tapi bola dihalau dengan kaki.

Gol tak kunjung ada sampai ekstra time 2x15 menit habis. Pemenang pun harus dicari lewat adu penalti.

Slovenia menjadi penendang lebih dulu dan Costa mampu menepis tembakan Ilicic. Ronaldo selaku penendang pertama Portugal mampu membawa timnya memimpin 1-0.

Slovenia masih belum bisa mencetak gol setelah tembakan Jure Balkovec ditepis. Di sisi lain, Portugal memimpin 2-0 lewat eksekusi Fernandes.

Costa kembali menepis tembakan ketiga Slovenia, yang kali ini dari Benjamin Verbic. Bernardo Sliva kemudian membawa Portugal ke perempatfinal setelah eksekusinya masuk memastikan kemenangan 3-0.

Susunan Pemain:

Portugal: Costa; Cancelo (Semedo 117'), Rúben Dias, Pepe (Neves 117'), Nuno Mendes; Palhinha, Vitinha (Jota 65'), Bruno Fernandes; Rafael Leao (Conceciao 76'), Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva.

Slovenia: Oblak; Karnicnik, Drkusic, Bijol, Balkovec; Stojanovic (Verbic 86'), Elsnik (Ilicic 106'), Cerin, Mlakar (Stankovic 74'); Sporar (Celar 74'), Sesko.

 

Editor : Muh. Syakir
#Euro 2024
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer