Kamis, 04 Juli 2024 11:41

Eks Ketua Gerindra Tator: IAS Berpeluang Menang Mutlak di Toraja

IAS pada acara Rambu Solo almarhum Frederik Batong di Toraja Utara.
IAS pada acara Rambu Solo almarhum Frederik Batong di Toraja Utara.

IAS juga diyakininya sebagai kandidat yang paling diterima masyarakat Toraja.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Mantan Ketua Gerindra Tana Toraja (Tator), Johan Tonglo, menyebut Ilham Arief Sirajuddin (IAS) sebagai Calon Gubernur Sulsel yang paling dikenal di Toraja. Selain karena senantiasa dekat dengan masyarakat, IAS ternyata memiliki darah yang amat kental dengan suku Toraja.

Johan mengungkap silsilah keluarga, khususnya leluhur IAS yang berasal dari Toraja. Bahkan, leluhur mantan Wali Kota Makassar dua periode itu tokoh berpengaruh di Toraja pada zamannya.

Eks Calon Bupati Tator itu menjelaskan IAS adalah keturunan generasi ke-7 dari Puang Sondong atau Puang Pitu. Puang Sondong adalah anak Puang Pararrak dari Sangalla yang menikah dengan Puang Manuk dari Mengkendek. IAS disebutnya ber-Tongkonan di Kandora-Mengkendek dan di Batualu-Sangalla.

Baca Juga

"Pak Ilham atau yang biasa dipanggil Aco memang sudah dikenal dari awal. Kita mengenalnya karena bagian dari orang Toraja. Ya, jadi neneknya dari Sangalla menikah dengan neneknya dari Mengkendek, akhirnya jadilah beliau," kata Johan, yang berjumpa IAS pada acara Rambu Solo almarhum Frederik Batong di Tongkonan Bunturia Ba'lele, Kondongan, Kabupaten Toraja Utara pada Rabu (3/7/2024).

Johan menyebut dengan latar belakang itu, tidak heran jika IAS berpeluang menang mutlak di Toraja.

Toh, pria dengan tagline GubernurKu itu sudah sangat dikenal, bersahabat dan memiliki banyak kerabat di Toraja. IAS juga diyakininya sebagai kandidat yang paling diterima masyarakat Toraja.

Ditambah lagi dengan kepribadian dan karakter IAS yang bersahaja dan mudah bertemanan dengan semua orang. Di matanya, IAS adalah sosok pemimpin untuk semua golongan. Untuk itu, Johan mengajak masyarakat Toraja bersatu dan mendoakan IAS menjadi Gubernur Sulsel pada masa mendatang.

"Mudah-mudahan ke depannya kita semua bisa bersatu. Mendoakan beliau (IAS) bisa menjadi pemimpin (Gubernur) Sulawesi Selatan ke depannya," pungkas pengusaha di bidang kesehatan ini.

Editor : Muh. Syakir
#Ilham Arief Sirajuddin #Pilgub Sulsel #IAS
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer