Selasa, 23 Februari 2021 10:01

Survei Pilpres 2024: Prabowo Teratas, tak Ada Tokoh Indonesia Timur yang Menguat

Survei Pilpres 2024: Prabowo Teratas, tak Ada Tokoh Indonesia Timur yang Menguat

Kemungkinan masih sulit lahir tokoh dari Indonesia timur di Pilpres. Butuh 2 periode lagi untuk lahirkan tokoh seperti JK.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Prabowo Subianto unggul jauh dalam survei Pilpres 2024. Sementara dua tokoh lainnya, Anis Baswedan dan Ganjar Pranowo saling jegal.

Survei dilakukan oleh dua lembaga yakni Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Parameter Politik Indonesia, Senin (22/2/2021).

Dalam survei, hanya tiga tokoh ini yang diprediksi menjadi figur utama di pilpres. Sementara beberapa tokoh alternatif masih berada jauh di bawah ketiganya. Mereka adalah mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ada juga Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Belum ada figur mencolok dari yang muncul dari Indonesia timur. Para petarung masih didominasi oleh tokoh tokoh dari Pulau Jawa.

Survei PPI digelar pada 3-8 Februari 2021 dengan metode telepolling. Sampel survei 1.200 responden yang dipilih dengan metode simple random sampling. Sampel responden sebelumnya pernah diwawancara tatap muka dalam survei nasional yang digelar pada rentang September 2017-Desember 2020. Margin of error survei ini plus minus 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei PPI dengan pertanyaan terbuka (bebas sebut nama capres) menempatkan Prabowo Subianto di urutan pertama. Anies Baswedan dan Ganjar Prabowo secara berurutan jadi yang kedua dan ketiga. Mereka bersaing ketat.

Berikut ini hasil survei Prabowo, Anies dan Ganjar versi PPI:

1. Prabowo Subianto: 22,1%

2. Anies Baswedan: 14,6%

3. Ganjar Pranowo: 13,9%

Pengamat politik Juanda H Alim mengatakan, kemungkinan masih sulit lahir tokoh dari Indonesia timur di Pilpres. Syahrul Yasin Limpo menjadi figur paling berpeluang. Namun masih sulit untuk mengalahkan elektabilitas tokoh tokoh lainnya.

"Setelah era Pak JK kita memang tidak melihat lagi ada tokoh timur. Mungkin dua periode ke depan baru lahir," katanya.

Editor : Muh. Syakir
Berikan Komentar Anda