Rabu, 03 Maret 2021 08:35

Kasus Pertama Corona Inggris Ditemukan di Indonesia, Masuk dari Arab Saudi

Budi Gunadi Sadikin
Budi Gunadi Sadikin

Dilaporkan dua kasus Covid-19 varian B117 merupakan kasus impor. Keduanya datang beberapa pekan lalu.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Kementerian Kesehatan mengumumkan ditemukannya kasus pertama Corona varian Inggris di Tanah Air. Kasus ini teridentifikasi, Selasa (2/3/2021) dan diduga masuk lewat Arab Saudi.

"Ada dua kasus. Diduga masuk dari Arab Saudi," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Selasa (2/3/2021).

Menurut Budi, virus varian baru bernama B117 ini memiliki tingkat penularan lebih cepat. Namun belum ada studi soal tingkat risikonya terhadap manusia.

Baca Juga

Menkes mengingatkan, masyarakat perlu tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Karena sifat virus Inggris ini penularannya relatif sama dengan Covid-19.

Dilaporkan dua kasus Covid-19 varian B117 merupakan kasus impor. Keduanya datang beberapa pekan lalu.

Temuan dua kasus Covid-19 varian Inggris ini pertama kali diumumkan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, tepat setahun peringatan pandemi Covid-19 masuk Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengingatkan akan menyebarnya virus ini. WHO mengidentifikasi varian baru Corona yang muncul di Inggris telah menyebar ke beberapa negara di Eropa dan Australia sejak Januari lalu. WHO memperingatkan dunia agar mewaspadai gelombang baru pandemi ini.

Jenis baru virus Corona ini disebut-sebut 70 persen lebih menular dan menjadi penyebab lonjakan kasus Covid-19 di Inggris. Setelah Inggris, kemudian menjangkiti Italia pada Februari. Lalu Australia dan Asia. Selain itu juga ditemukan di Australia.

Pada Desember 2020 Arab Saudi menghentikan semua aktivitas penerbangan internasional menuju negara itu. Selain jalur penerbangan, akses masuk ke Arab Saudi melalui darat dan laut pun masih ditangguhkan. Akses barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara lain tetap diperbolehkan masuk ke Saudi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebijakan Pemerintah Arab Saudi ini diambil setelah Pemerintah Inggris mengumumkan strain baru virus corona penyebab Covid-19 yang menyebar lebih cepat.

Awal Februari 2021, pemerintah Arab Saudi kembali menutup pintu penerbangan ke negara itu bagi warga asing. Ada 20 negara yang tidak diperkenankan masuk, salah satunya Indonesia.

Kebijakan ini kembali diberlakukan setelah laju pandemi Corona di negara itu memburuk. Corona varian baru juga tengah menjangkiti sebagian timur tengah.

Larangan masuk sementara itu berlaku mulai 3 Februari hari ini, termasuk orang-orang yang datang dari Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Afrika Selatan, Perancis, Mesir, Lebanon, India, dan Pakistan.

 

Editor : Muh. Syakir
#Menkes Budi Gunadi Sadikin #Corona Varian Inggris #Covid-19
Berikan Komentar Anda