Rabu, 07 April 2021 22:21

Alat Sabu Ditemukan di Rutan Makassar, Kadiv Pemasyarakatan Bilang Begini

Alat Sabu Ditemukan di Rutan Makassar, Kadiv Pemasyarakatan Bilang Begini

Selain alat isap sabu, petugas gabungan juga menemukan beberapa senjata tajam seperti gunting, gergaji gurinda, pisau dan lain-lainnya.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Alat isap sabu (bong) ditemukan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Makassar. Hal itu terungkap saat petugas gabungan melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Rabu (7/4/2021) malam.

Selain alat isap sabu, petugas gabungan juga menemukan beberapa senjata tajam seperti gunting, gergaji gurinda, pisau dan beberapa benda terlarang di Rutan. 

Sidak yang dilakukan petugas Rutan Klas I Makassar bersama pihak TNI, Polri, dan BNNP dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan 2021.

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kemenkumham Sulsel Edi K mengatakan, dari hasil penggeledahan ditemukan beberapa barang-barang terlarang.

"Salah satunya itu alat isap sabu (Bong) yang ditemukan di Blok F yang merupakan warga tahanan narkoba," ungkapnya.

Ia menjelaskan, alat bong itu belum diketahui kepemilikannya, mengingat dalam 1 kamar itu Blok F jumlahnya ada 60 persen.

"Kondisi over kapasitas dan hampir 60 persen narkoba sekitar 30 orang yang berada di dalam tahanan itu," jelasnya.

Meskipun begitu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan BNNP untuk mendeteksi barang terlarang (narkoba) masuk ke Rutan.

"Mungkin sebagian petugas Rutan tidak mengetahui jenis-jenis narkoba. Berulang kali kita dapat. Tidak menutup kemungkinan ada pengendalian dari dalam. Makanya kita selalu mengontrol dan bekerjasama dengan BNN dan Kepolisian," jelasnya.

Kedepannya, pihaknya akan lebih memaksimalkan penggeledahan di setiap ruang-ruang untuk lebih mengkodusifkan dan mensterilkan agar barang-barang haram tersebut tidak masuk ke Rutan.

Editor : Muh. Chaidir
#Kadiv Pas Kumham Sulsel #Rutan Klas I Makassar #Sidak Rutan #Narkoba di Rutan
Berikan Komentar Anda