Jumat, 09 April 2021 13:41

Pembangunan Pasar Tempe Dipastikan Jalan, Pekan Depan Peletakan Batu Pertama

Pasar Tempe Wajo.
Pasar Tempe Wajo.

Pembangunan Pasar Tempe, Kabupaten Wajo menelan anggaran senilai Rp56 milliar dari APBN 2020. Dalam proses lelang, jatuh dianggaran Rp45 miliar yang merupakan proyek multiyear. Rekanan pemenang tender adalah PT Delima Agung Utama.

WAJO, PEDOMANMEDIA - Pembangunan Pasar Tempe Wajo dipastikan akan berjalan. Rencananya, peletakan batu pertama digelar pada Senin, 12 April 2021.

Kabid Humas Diskominfo Wajo Safaruddin mengatakan, rencana pada Senin, tanggal 12 April ini itu akan dilakukan peletakan batu pertama.

"Sesuai jadwal dan surat yang masuk ke Pemkab Wajo dari pihak pelaksana rekanan itu rencananya akan dimulai peletakan batu pertama dan saat ini tengah berjalan proses pemasangan tiang pancang Pasar Tempe pada Senin ini," ungkapnya.

Baca Juga

Sementara itu, Penanggung Jawab Pelaksana dan Humas PT Delima Agung Utama mengatakan, pihaknya dalam hal ini selaku pelaksana telah memberikan surat penyampaian dan undangan resmi ke Pemkab Wajo untuk rencana peletakan batu pertama dan saat ini tengah berjalan pemasangan titik titik untuk tiang pancang untuk pelaksanaan pembangunan Pasar Tempe ini.

"Insya Allah, Senin kita mulai tahap awalnya secara resmi oleh pak Bupati Wajo," ungkapnya.

Diketahui, usai mangkrak di 2020, Pasar Tempe Kabupaten Wajo mulai dikebut lagi pembangunannya.

"Titik-titik dan koordinat pemasangan tiang pancangnya sudah siap semuanya dan sementara sudah jalan," tambah Erwin.

PPK Satker Balai Prasarana Kementerian PU, Reno Bayuaji mengatakan, terkait MC 0 atau untuk proses penentuan titik titik dan koordinat untuk pemasangan tiang pancang sudah dilakukan dan sudah mulai mau masuk tahapan untuk pekerjaan fisik dan lainya. Ia berharap kepada pelaksana proyek bisa rampung tepat waktu.

"Kita targetkan Desember 2021 bisa dirampungkan. Jadi awal 2022 sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Wajo. Mudah-mudahan lah," ungkapnya.

Menurut Reno, Pasar Tempe bukan sekadar objek perniagaan. Ke depan pasar ini juga akan menjadi ikon baru di Wajo.

Terpisah, Kabid Prasarana Pasar Dinas Diskoperindag Dan UKM Wajo Yunus mengungkapkan rasa syukur atas terwujudnya pembangunan Pasar Tempe ini, walaupun sebelumnya banyak rintangan yang dihadapi serta cukup memakan waktu yang lumayan lama, namun semunya biasa diatasi sampai akhirnya pasar tersebut dapat terealisasi.

Selain Pasar Tempe, rencananya ada 2 pasar lainnya juga bakal direhabilitasi di 2021. Di antaranya pembangunan Pasar Solo, Kecamatan Bola dan Pasar Mini, Kecamatan Tempe.

Seperti diketahui untuk pembangunan Pasar Tempe, Kabupaten Wajo menelan anggaran senilai Rp56 milliar dari APBN 2020. Dalam proses lelang, jatuh di anggaran Rp45 miliar yang merupakan proyek multiyear. Rekanan pemenang tender adalah PT Delima Agung Utama.

Penulis : Andi Erwin
Editor : Jusrianto
#Pemkab Wajo #Pasar Tempe Wajo
Berikan Komentar Anda