Kamis, 15 April 2021 14:01

Harga Pangan Mulai Bergerak Naik, Danny: Jangan Coba-coba Menimbun

Danny Pomanto
Danny Pomanto

Sebelumnya terjadi kenaikan harga beberapa bahan pangan dan rempah di pasar tradisional di Makassar. Kenaikan paling mencolok terjadi pada cabai.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Harga pangan di Kota Makassar perlahan bergerak naik, meski masih dalam batas normal. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengingatkan distributor agar tak menahan pasokan yang bisa memicu gejolak.

"Jangan sampai ada yang menahan pasokan ke pedagang. Ini bisa membuat barang langka dan memicu kenaikan harga," ujar Danny, Kamis (15/4/2021).

Menurut Danny, sejauh ini tak ada laporan kelangkaan bahan pangan. Kenaikan harga yang terjadi sepekan jelang Ramadan juga dinilai masih dalam batas toleransi.

Baca Juga

"Kebutuhan pangan masih terpenuhi. Tak ada gejolak harga. Kita antisipasi sepekan jelang Lebaran. Biasanya itu momen rawan. Kadang spekulan mulai main. Tapi saya minta agar itu terus dipantau," papar Danny.

Danny mengatakan tak akan toleransi terhadap praktik spekulan yang menimbulkan gejolak harga. Ia akan menyelidiki jika tiba-tiba terjadi kelangkaan. Termasuk distributor agar tidak menahan bahan pangan yang bisa menyebabkan melonjaknya harga.

Sebelumnya terjadi kenaikan harga beberapa bahan pangan dan rempah di pasar tradisional di Makassar. Kenaikan paling mencolok terjadi pada cabai. Harga cabai pada pertengahan Maret lalu menembus Rp80 ribu per kilogram.

Begitu juga telur, naik meski masih dalam taraf normal. Beberapa bahan makanan dan kue juga naik di awal Ramadan.

Memasuki April, harga ikan segar juga sempat melambung akibat cuaca buruk. Namun memasuki awal Ramadan mulai kembali stabil.

Pemkot menurunkan tim pemantau sejak dua pekan lalu. Tim ini ditempatkan di semua pasar tradisional untuk mendeteksi pergerakan harga hingga Lebaran nanti.

Editor : Muh. Syakir
#Harga Cabai Naik #Wali Kota Makassar #Danny Pomanto
Berikan Komentar Anda