Kamis, 29 April 2021 07:05

Dorong Partisipasi Pemilih, KPU Bulukumba Gulirkan Program ke Desa

Awaluddin
Awaluddin

Partisipasi pemilih pada Pilkada Bulukumba 2020 mencapai 74,25 persen. Angka ini membaik namun butuh edukasi lebih intens.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba menggulirkan program berbasis pendidikan politik ke desa-desa. Programnya bertajuk "Desa Peduli Pemilu Pemilihan".

Salah satu tujuannya untuk mendorong partisipasi pemilih di pilkada dan Pemilu. Program ini akan menjadikan desa sebagai wilayah percontohan.

Komisioner KPU Bulukumba, Awaluddin mengatakan, sebelum program tersebut terlaksana, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Setelah itu, kemudian sudah ada desa yang disepakati sebagai pilot project.

Baca Juga

Barulah akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

"Sementara kita mau koordinasikan dulu ke pemda. Ya mungkin kita akan menjadikan sekitar dua desa sebagai pilot project desa peduli pemilu pemilihan" katanya, Rabu (28/4/2021).

Koordinasi itu dilakukan, agar ada kesepakatan antara KPU dengan pemda untuk menetapkan desa mana yang akan dijadikan sebagai pilot project.

Awal mengatakan, sebenarnya ini program baru pasca pelaksanaan Pilkada serentak. Program ini juga, katanya, adalah program dari KPU pusat.

Pihaknya juga berharap ke depan masyarakat di desa-desa bisa lebih paham lagi dengan pendidikan pemilih.

"Khususnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan," terang Awal.

Ia menambahkan bahwa partisipasi pemilih pada Pilkada Bulukumba 2020 sebesar 74,25 persen. Angka ini membaik namun butuh edukasi untuk mendorong realisasi lebih baik.

"Artinya ada peningkatan partisipasi dari Pilkada sebelumnya tahun 2015 sekitar 60-an persen," jelasnya.

Untuk partisipasi pemilih di tingkat kecamatan pada Pilkada Bulukumba 2020, Kecamatan Kindang adalah yang tertinggi sebesar 80,47 persen. Sementara yang terendah adalah kecamatan Herlang yang hanya 67,16 persen.

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Syakir
#Pilkada Bulukumba #KPU Bulukumba #Pendidikan Politik
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer