Minggu, 02 Mei 2021 18:43

Hamri Haiya Dapat Keringanan Di Tingkat Banding, Jaksa Ajukan Kasasi

Kejaksaan Tinggi Sulsel melayangkan kasasi atas putusan banding Pengadilan Tinggi dalam kasus yang menjerat Mantan Camat Rappocini, Hamri Haiya. (Ist)
Kejaksaan Tinggi Sulsel melayangkan kasasi atas putusan banding Pengadilan Tinggi dalam kasus yang menjerat Mantan Camat Rappocini, Hamri Haiya. (Ist)

Putusannya PN dan PT (Pengadilan Tinggi) hanya pidana penjara tiga tahun denda Rp100 juta dan uang pengganti Rp488 juta, jadi pasti kasasi. Putusan dan tuntutan jauh sekali bedanya.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Jaksa Penuntut Umum dalam waktu dekat akan melayangkan kasasi usai mantan camat Rappocini, Hamri Haiya mendapat keringanan hukuman ditingkat banding.

Hamri yang dijerat dalam kasus fee 30 persen kegiatan sosialisasi dan penyuluhan SKPD di Kecamatan se-Kota Makassar itu, sesuai putusan PT nomor 1/PID.TPK/2021/PT MKS menyatakan Hamri Haiya dinyatakan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tipikor sebagaimana yang didakwakan dalam dakwaan primer.

JPU Kejari Makassar, Imawati mengatakan pihaknya sudah menyatakan kasasi. Pihaknya masih optimis dengan tuntutan awal yang diajukan saat di Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Yakni pidana penjara selama tujuh tahun dan denda sebesar Rp250 juta subsider empat bulan kurungan. Serta uang pengganti Rp2,37 miliar subsider tiga tahun penjara.

Baca Juga

"Kan putusannya PN dan PT (Pengadilan Tinggi) hanya pidana penjara tiga tahun denda Rp100 juta dan uang pengganti Rp488 juta, jadi pasti kasasi. Putusan dan tuntutan jauh sekali bedanya," kata Imawati.

Terkait nota kasasi, Imawati mengatakan pihaknya pekan depan akan menyerahkan nota kasasi tersebut.

"Semua sudah lengkap, tingga dimasukkan. Intinya kami tetap berupaya agar putusan sesuai dengan tuntutan awal," ucapnya.

Sementara itu kuasa hukum terdakwa, Ahmad Farid mengatakan pihaknya telah mengetahui JPU mengajukan kasasi atas putusan PT Makassar. Pihaknya juga dalam waktu dekat ini akan melakukan kasasi. Hal tersebut dikarenakan pihaknya tetap yakin kliennya tidak bersalah.

"Kami pasti lakukan kasasi, karena tuntutan utamanya adalah bebas. Klien saya ini tidak menggunakan uang tersebut semuanya disetorkan ke Erwin, sama dengan camat lainnya," kata Farid.

Penulis : Kheky
Editor : Muh. Chaidir
#Hamri Haiya #Kasus fee 30 persen #Jaksa Kejati Sulsel #Kasasi Hamri Haiya #Camat Rappocini
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer