Senin, 03 Mei 2021 22:16

BMC Minta Bupati Tinjau Ulang Izin Pembangunan SPBU Samratulangi

SPBU Jalan Sama Ratulangi Bulukumba belum mengantongi izin warga. Bupati diminta tinjau ulang izin operasional (ist)
SPBU Jalan Sama Ratulangi Bulukumba belum mengantongi izin warga. Bupati diminta tinjau ulang izin operasional (ist)

Kalau warga belum setuju dan ada yang dirugikan. tentu kami meminta agar Bupati melakukan peninjauan ulang atas izin operasi yang dikeluarkan.

BULUKUMBA, PEDOMANMEDIA - Pendirian SPBU di Jalan Sam Ratulangi, ditengarai belum sepenuhnya mendapat persetujuan warga. Pemerintah Bulukumba bahkan terkena kritik atas izin operasional yang dikeluarkan.

Direktur Bulukumba Monitoring Center (BMC), Firman A Gani mengatakan pendirian SPBU mensyaratkan adanya izin gangguan dari warga. Sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Tahun 1926 tentang Gangguan dan Peraturan Menteri (Permendagri)  Nomor 27 Tahun 2009. 

"Inikan sudah ada izin operasinya. Tapi ternyata kalau warga belum setuju dan ada yang dirugikan. tentu kami meminta agar Bupati melakukan peninjauan ulang atas izin operasi yang dikeluarkan," tegas Firman Gani.

Baca Juga

Mantan Ketua BEM Fakultas Hukum UMI itu, menyampaikan jika pembangunan SPBU Samratulangi ini sejak awal telah mendapatkan protes dari warga, serta telah mendapatkan rekomendasi pemberhentian sementara dari DPRD pada tahun 2020 lalu di masa jabatan AM Sukri Sappewali.

"Saat itu pada rapat paripurna LKPJ Tahun 2019, semua Fraksi DPRD sepakat merekomendasikan kepada Bupati AM Sukri untuk menghentikan sementara pembangunan SPBU Ratulangi, tapi nyatanya tidak diindahkan oleh Bupati," terangnya.

Firman mengatakan jika pada rapat paripurna istimewa DPRD Kamis (29/4/2021), DPRD kembali merekomendasikan untuk mengembalikan Median Jalan yang telah dibongkar di depan SPBU tersebut.

Tapi faktanya, menurut dia, hingga saat ini belum juga dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Harusnya Pemerintah Daerah harus disiplin dan tidak mengabaikan Rekomendasi DPRD Bulukumba karena ini bisa merugikan warga," tegasnya.

Firman juga mendesak kepada Bupati Bulukumba agar berkas izin pembangun SPBU tersebut untuk ditinjau ulang sebelum memberikan izin operasi.

"Harusnya Bupati tidak tergesa-gesa mengambil kesimpulan untuk memberikan izin operasi kepada pengusaha SPBU tersebut," ujarnya 

Ia juga berharap izin pendirian dan izin operasi dicabut pemerintah daerah karena telah menyalahi aturan pendirian dan mengancam kehidupan warga.

"Kami minta kepada Bupati untuk segera mencabut izin operasi SPBU Ratulangi dan melakukan pininjauan kembali semua berkas perizinannya," tutupnya.

Hingga berita ini tayang, belum diperoleh konfirmasi dari Pemkab Bulukumba maupun pemilik SPBU Samratulangi.

Penulis : Saiful
Editor : Muh. Chaidir
#Izin SPBU #Bupati Bulukumba #Pembangunan SPBU Sam Ratulangi
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer