Rabu, 05 Mei 2021 09:26

9 Hari Menjabat, Ini Dia Pernyataan Blakblakan Ombas yang Bikin 'Panas-Dingin'

Bupati Torut Yohanis Bassang saat meninjau pelaksanaan Kantor Bupati Mobile.
Bupati Torut Yohanis Bassang saat meninjau pelaksanaan Kantor Bupati Mobile.

Ombas mengatakan, ia punya banyak PR berat untuk Torut. Ia butuh orang-orang yang mau bekerja untuk mewujudkan semua itu dalam lima tahun ke depan

TORUT, PEDOMANMEDIA - Hari ini Rabu (5/5/2021), genap sembilan hari Yohanis Bassang (Ombas) menjabat Bupati Toraja Utara. Sederet statemen blakblakan ia lontarkan mengiringi perjalanan singkatnya itu.

Banyak pernyataan Ombas yang menjadi perhatian publik sejak usai dilantik 26 April 2021. Ombas tampak tanpa tedeng aling-aling.

Ia menyindir banyak hal. Dari kinerja pejabat, disiplin. Juga kebersihan. Terakhir ia secara terbuka memberi warning agar jangan ada lagi main sunat bantuan rakyat kecil.

Baca Juga

"Awas kalau ada yang potong potong bantuan rakyat," katanya.

Berikut ini deretan pernyataan Ombas yang bikin pejabat panas dingin.

1. Usai dilantik Ombas langsung mengumpulkam simpatisan. Ia menantang para pejabat kerja nyata. Ia mempersilakan siapa saja untuk mundur jika merasa tidak mampu.

"Saya tegaskan kepada seluruh pimpinan OPD agar bekerja melayani masyarakat pakai hati. Kalau tidak mampu bekerja silakan mengundurkan diri," tegas Ombas seusai dilantik 26 April lalu.

Ombas mengatakan, ia punya banyak PR berat untuk Torut. Ia butuh orang-orang yang mau bekerja untuk mewujudkan semua itu dalam lima tahun ke depan.

"Saya butuh orang yang mau bekerja. Disiplin. Itu saja," ketusnya.

2. Ombas pembenahan kota Rantepao, transportasi kota hingga penegakan disiplin ASN.

"Tidak boleh ada pimpinan OPD tidak masuk kantor. Apalagi keluar perjalanan dinas tanpa seizin saya," pintanya.

3. Ombas mengungkapkan, salah satu prioritasnya di Kota Rantepao adalah pembenahan kebersihan. Ia menegaskan mulai besok tidak ada lagi sampah-sampah yang berserakan di Rantepao.

"Kendaraan diparkir dengan baik dan benar. Nanti akan kita sosialisasikan kendaraan yang parkir sembarangan kita derek dan dikempeskan bannya," katanya.

Ia menjelaskan, semua itu penting untuk mewujudkan disiplin dan keteraturan transportasi dalam kota.

4. Ombas juga menyinggung soal rencana pembangunan jembatan kembar di Malango Kota Rantepao yang menjadi konsen di awal awal pemerintahannya.

"Pembangunan alun2 kota Rantepao akan menjadi ikon kabupaten Toraja Utara," jelasnya.

5. Tak hanya itu pembenahan Pasar Tradisional Bolu akan diupayakan masuk rencana strategis. Ombas berjanji memberi perhatian agar bisa mendongkrak sektor ekonomi kerakyatan.

"Semua pimpinan OPD akan diundang untuk membedah program atau kegiatan di DPA-nya masing2. Kita juga akan deklarasikan kerja bakti setiap hari jumat di seluruh lembang/desa dan kelurahan," paparnya.

6. Ombas menyampaikan rencananya menjalankan program kantor bupati mobile atau berpindah-pindah. Sasarannya kata dia, agar memudahkan pengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat di kecamatan.

Ombas menegaskan perangkat desa/lembang, mulai kepala lembang, kepala dusun agar melaporkan langsung jika terjadi diskriminasi pelayanan di wilayahnya.

"Kalau ada yang tebang pilih dalam melakukan pelayanan laporkan. Saya sendiri yang akan langsung menindaki," tegasnya.

7. Ombas juga mengatakan ia telah menginstruksikan semua kantor lembang, sekolah, puskesmas untuk melaksanakan apel setiap pagi. Ia meminta warga melaporkan jika ada yang tidak menjalankan instruksi itu.

"Warga tolong bantu saya kalau ada yang tidak lakukan laporkan ke saya, ambil foto dan videonya. Kepala lembang itu wajib masuk kantor 6 hari kerja, jangan cuma sehari berkantor dalam seminggu," ketus Ombas.

8. Ombas mengingatkan dinas terkait sampai perangkat desa untuk tidak mengenal kata menyerah dalam memberi pelayanan. Ia juga mengingatkan agar tidak mempermainkan hak rakyat kecil. Terutama dalam penyaluran bantuan.

"Kalau ada orang yang punya rumah batu, punya mobil dan ketahuan menerima bantuan, yang memberi hati-hati memang," kunci Ombas.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Bupati Torut Yohanis Bassang #Ombas
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer