Rabu, 05 Mei 2021 15:46

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Bupati Lutra: Kerja Sungguh-sungguh

Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat memimpin apel gelar pasukan.
Bupati Lutra Indah Putri Indriani saat memimpin apel gelar pasukan.

Masyarakat kembali diingatkan untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Mengingat tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan 2,03%.

LUTRA, PEDOMANMEDIA - Bupati Lutra Indah Putri Indriani memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, Rabu (5/5/2021). Ia meminta petugas bersungguh-sungguh dalam melaksanakan Operasi Ketupat.

Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat yang dilaksanakan Polres Lutra dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemkab, dan mitra Kamtibmas lainnya, sekaligus sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2021 yang digelar serentak di seluruh tanah air. Apel Gelar Pasukan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Indah Putri Indriani membacakan sambutan seragam Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. Dimana dalam sambutan tersebut, masyarakat kembali diingatkan untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Mengingat tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan 2,03%.

Baca Juga

Hal itu disebabkan adanya peningkatan aktivitas masyarakat, khususnya jelang akhir bulan Ramadan dan hari raya Idul fitri. Hal ini pula yang mendasari pemerintah mengambil kebijakan larangan mudik Lebaran tahun ini.

“Kebijakan ini diambil melalui berbagai pertimbangan, seperti pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93% setelah pelaksanaan libur Idul fitri pada 2020 lalu,” kata Indah.

Untuk itu, Bupati Luwu Utara dua periode ini berharap agar Operasi Ketupat 2021 dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran yang terlibat dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi atau Salus Populi Suprema Lex Esto.

“Kasus Covid-19 harus kita waspadai berkaca pada gelombang penyebaran Covid-19 yang terjadi di luar negeri, seperti India. Dimana terjadi penambahan kasus baru hingga mencapai 400.000 kasus dan angka kematian mencapai 3.500 kasus dalam sehari. Hal ini disebabkan kelengahan masyarakat terhadap protokol kesehatan,” jelasnya.

Berkaca pada melonjaknya kasus di beberapa negara, seperti India, Bupati meminta seluruh elemen masyarakat untuk tidak lengah terhadap potensi penularan kasus Covid-19. Terlebih dengan adanya varian baru Covid-19 dari sejumlah negara yang masuk ke Indonesia, seperti B.1.1.7 asal Inggris, B.1.617 asal India, dan B.1.351 asal Afrika Selatan.

“Semangat yang ingin saya tanamkan dalam Ops Ketupat 2021 adalah bagaimana mencegah penyebaran Covid-19 melalui penyekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan,” ucap Indah saat membaca sambutan Kapolri.

Ia meminta seluruh jajaran terkait memprioritaskan langkah preemtif dan preventif, sehingga masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

“Laksanakan penegakan hukum sebagai upaya terakhir atau ultimum remedium, secara tegas dan profesional terhadap pelanggar protokol kesehatan yang sudah berulang kali serta oknum-oknum masyarakat yang menimbulkan dampak negatif kesehatan secara luas dan menciptakan klaster baru Covid-19, sehinga masyarakat dapat merayakan idulfitri dengan rasa aman dan nyaman, serta terhindar dari bahaya Covid-19,” tandasnya.

Dalam pelaksanaan Ops Ketupat kali ini, personel yang terlibat sebanyak 155.005 persatuan gabungan, terdiri dari 90.592 personel Polri, 11.533 TNI dan 52.880 instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja, dan lain sebagainya.

Adapun para personel akan ditempatkan di 381 pos penyekatan guna mengantisipasi masyarakat yang berniat melaksanakan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait kamtibmas dan kamseltibcar lantas, serta 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Selain Bupati, turut pula hadir dalam Apel Gelar Pasukan ini, Wakapolres Kompol Amir Madjid, Perwira Penghubung Mayor Arm Syafaruddin, Ketua Pengadilan Negeri Oki Basuki Rachmat, dan unsur forkopimda lainnya. Hadir pula Kadis Kesehatan Marhani Katma beserta jajarannya.

Editor : Jusrianto
#Pemkab Lutra #Operasi Ketupat 2021
Berikan Komentar Anda