Jumat, 21 Mei 2021 15:08

Wagub Papua Klemen Tinal Wafat, Ombas Kenang Kisah dengan Sang Sahabat

Klemen Tinal
Klemen Tinal

Klemen Tinal banyak menaruh kepercayaan kepada Ombas. Salah satunya menunjuk Ombas menjabat Kabag Keuangan selama beberapa tahun.

MAKASSAR, PEDOMANMEDIA - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meninggal dunia, Jumat dini hari (21/5/2021). Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang (Ombas) mengungkap banyak kisah dengan sang sahabat.

Ombas mengenal baik Klemen saat ia masih mengabdi sebagai birokrat di Kabupaten Mimika. Bahkan sebelum akhirnya memutuskan ikut Pilkada Torut, Ombas sempat ditawari tiga jabatan oleh Klemen di Papua.

"Waktu itu beliau tawarkan agar saya tetap mengabdi di Papua. Cuma ya bagitulah saya sudah persiapan maju di Pilkada Torut," ujar Ombas, Jumat (21/5/2021).

Baca Juga

Di masa pemerintahannya sebagai Bupati Mimika, Papua, Klemen Tinal banyak menaruh kepercayaan kepada Ombas. Salah satu bukti kepercayaannya, Klemen menunjuk Ombas menjabat Kabag Keuangan selama beberapa tahun.

Ombas mengatakan, Klemen adalah sosok pekerja keras. Dedikasinya pada rakyat luar biasa besar. Klemen menjabat bupati dua periode di Mimika. 

"Ia sangat cinta pada rakyat Papua. Dua periode dia bekerja benar-benar untuk rakyat," kenang Ombas.

Ombas yang juga Ketua DPD II Golkar Toraja Utara mengaku banyak belajar pada sosok Klemen. Kata dia, selain sebagai atasan, Klemen adalah pribadi yang terbuka. Ia juga teman diskusi yang menyenangkan.

"Dia orang yang terbuka. Saya banyak berdiskusi dengan beliau tentang pemerintahan. Gagasan-gagasannya sangat dirasakan rakyat. Ia rendah hati. Mau menerima masukan dari mana saja," terang Ombas.

Itulah sebabnya saat maju di Pilgub Papua, Klemen mendapat dukungan luas dari rakyat Mimika. Menurut Ombas, rakyat mendukungnya karena merasakan betul sentuhan tangannya.

"Kepeduliannya pada nasib rakyat sangat tinggi. Ia telah berjuang untuk rakyat Papua sampai akhir hayatnya," ujarnya.

Ombas mengaku sangat kehilangan seorang panutan. Ia yakin jejak pengabdian Klemen di Papua akan terus dikenang.

Klemen Tinal meninggal dunia Jumat  (21/5/2021) pukul 04.00 WIB, di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta.

Klemen Tinal meninggal setelah sempat beberapa kali dirawat di rumah sakit. Ia lahir di Beoga, Puncak Jaya, Papua, pada 23 Agustus 1970. Ia tutup usia pada umur 50 tahun.

Kini jenazah Klemen Tinal disemayamkan di Rumah Duka RSPAD,  Gatot Soebroto, Jakarta. Rencananya jenazahnya akan diterbangkan ke Jayapura untuk dimakamkan serta dilepas oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Bagi Partai Golkar, kehilangan sosok Klemen Tinal menjadikan sebuah duka cita yang mendalam. Klemen dikenal sebagai sosok yang religius, tegas, dan merakyat. Ia juga merupakan sosok panutan di Golkar Papua selama ini.

"Partai Golkar kehilangan putra terbaiknya, Ketua DPD Golkar Papua, Wagub Papua, Bapak Klemen Tinal. Semoga beliau diberi tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa, dan kepada keluarga beliau diberi kesabaran," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kepada media, Jumat (21/5/2021).

Sebagai sosok pemimpin Golkar di Papua, almarhum Klemen Tinal juga dikenal memiliki loyalitas luar biasa dan patut diteladani oleh seluruh kader Golkar di Indonesia.  Dalam menjalankan tugasnya sebagai Wakil Gubernur, Klemen Tinal juga memiliki dedikasi dalam mengemban amanah rakyat Papua.

Di kalangan pers, Klemen Tinal juga dikenal cukup dekat. Semasa hidupnya almarhum tak sungkan untuk menjawab secara langsung pertanyaan dari berbagai media. Selama hidupnya menjabat ia selalu mengedepankan slogan “pemimpin adalah pelayan rakyat”.

Trifena Klemen Tinal, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar yang juga adik dari Klemen Tinal juga merasakan kehilangan yang sangat dalam. "Kami sekeluarga sangat kehilangan seorang kakak yang sangat berdedikasi dalam hidupnya," kata Trifena.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Bupati Torut Yohanis Bassang #Ombas #Wagub Papua #Klemen Tinal Meninggal
Berikan Komentar Anda