Sabtu, 17 Oktober 2020 06:51

Pilkada Tator

Malunya Victor! Koar-koar Rospita Boleh Kampanye, Sudah Baca Aturan Tidak?

Surat edaran Menpan RB melarang ASN yang cuti ikut kampanye mendampingi suami/istri.
Surat edaran Menpan RB melarang ASN yang cuti ikut kampanye mendampingi suami/istri.

Dari tiga poin surat edaran Kemenpan RB terjawab bahwa pernyataan Victor Datuan Batara bertentangan dengan surat edaran itu. Dalam komentar yang ia tulis di grup WhatsApp Sangtorayaan, Victor menyebut Rospita Napa boleh berkampanye untuk suaminya.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Victor Datuan Batara berkoar-koar soal bolehnya Rospita Napa ikut berkampanye. Alasannya, Rospita sedang cuti di luar tanggungan negara.

Sebenarnya seperti apa aturannya? Benarkah klaim Victor soal bolehnya ASN yang cuti ikut kampanye? Ini penjelasan rinci dalam surat edaran Kemenpan RB.

Dalam surat edaran Kemenpan RB tahun 2018 dijelaskan mengenai kedudukan ASN yang cuti untuk mendampingi istri/suami dalam kampanye pilkada.

Baca Juga

1. Bagi ASN yang suami atau istrinya menjadi calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, calon anggota legislatif dan calon presiden/wakil presiden dapat mendampingi suami atau istrinya selama tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018, pileg 2019, dan Pilpres 2019 dalam hal:

a. Mendampingi suami atau istrinya pada saat pendaftaran di KPUD maupun pada saat pengenalan kepada pers/masyarakat.

b. menghadiri kegiatan kampanye yang dilakukan oleh suami atau istri namun tidak boleh terlibat secara aktif dalam pelaksanaan kampanye tersebut dan tidak menggunakan atribut instansinya, atribut partai politik dan atribut calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

c. Foto bersama dengan suami atau istrinya yang menjadi calon kepala daerah/wakil kepala daerah namun tidak mengikuti simbol tangan atau gerakan yang digunakan sebagai bentuk berpihakan/dukungan.

Dari tiga poin ini terjawab bahwa pernyataan Victor Datuan Batara bertentangan dengan surat edaran Kemenpan RB. Dalam komentar yang ia tulis di grup WhatsApp Sangtorayaan, Victor menyebut Rospita Napa boleh berkampanye untuk suaminya.

"Jangankan acungkan jari, pidato pun boleh. Karena dia telah diberikan cuti di luar tanggungan negara untuk mendampingi suaminya yang maju pilkada 2020. Salahnya di mana," tulis Victor.

Mengenai pernyataan Victor ini disanggah jelas oleh surat edaran Menpan RB pada poin C. Secara jelas disebutkan "Foto bersama dengan suami atau istrinya yang menjadi calon kepala daerah/wakil kepala daerah namun tidak mengikuti simbol tangan atau gerakan yang digunakan sebagai bentuk berpihakan/dukungan,".

Sementara dalam foto yang beredar terlihat jelas Rospita Napa mengacungkan dua jari sebagai bentuk dukungan pada pasangan Nico-Victor. Beberapa foto lainnya di kesempatan lain, Rospita juga mengenakan atribut pasangan Nico-Victor.

Pernyataan Victor juga bersinggungan dengan statemen Ketua Bawaslu Tator Serni Pindan. Serni dalam mengungkapkan bahwa cuti Rospita dibolehkan untuk mendampingi suaminya berkampanye. Namun ia harus bersikap pasif selama kampanye karena statusnya sebagai ASN.

Serni Pindan merinci, bersikap pasif artinya Rospita hanya boleh duduk. Tidak boleh memberi isyarat seperti mengacungkan jari atau menyampaikan dukungan secara verbal.

Cuti Rospita untuk mendampingi suaminya kampanye mengundang perdebatan. Pasalnya Rospita adalah ASN sekaligus menjabat Kepala Dinas Pariwisata Tator.

Dalam foto yang beredar kemarin tampak jelas Rospita mengacungkan jari dan bersikap aktif. Namun sampai saat ini belum ada respons dari Bawaslu soal foto ini.

Penulis : Susanna Rulianti - Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Pilkada Tator #Victor Datuan Batara #Kadispar Tator Rospita Napa #Nicodemus Biringkanae
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer