Sabtu, 17 Oktober 2020 10:27

Pilkada Tator

Dianggarkan 2018, Janji NiVi Soal Pemakaman Umum tak Terealisasi

Nico-Victor
Nico-Victor

Ketua Komisi III DPRD Tator Kristian HP Lambe mengatakan, pembelian tanah untuk lokasi pemakaman umum sudah disetujui DPRD dan dianggarkan di APBD tahun 2018. Namun, hingga akhir tahun 2018 rencana pembelian tanah itu belum terealisasi.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Salah satu janji politik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tana Toraja (Tator) Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (NiVi) adalah pengadaan lokasi pemakaman umum. Hanya saja, sampai saat ini janji itu tak kunjung terealisasi.

Padahal, DPRD Tator sudah menyetujui anggaran pengadaan lokasi pemakaman umum pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018 lalu.

"Memang benar, biaya pembelian tanah untuk lokasi pemakaman umum sudah disetujui DPRD dan dianggarkan di APBD tahun 2018. Namun, hingga akhir tahun 2018 rencana pembelian tanah itu belum terealisasi," ujar Ketua Komisi III DPRD Tator Kristian HP Lambe, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga

Kristian mengatakan, saat pembahasan APBD tahun anggaran 2018, disetujui anggaran pembelian tanah untuk lokasi pemakaman umum sekitar Rp8 miliar. Namun mengalami pengurangan anggaran di APBD Perubahan menjadi Rp6 miliar.

Diakui Kristian, pembahasan anggaran pembelian tanah pemakaman umum itu sempat berlangsung alot di tingkat komisi III DPRD. Komisi III, sempat mempertanyakan ke Pemkab Tator mampu tidaknya mengadakan lokasi pemakaman umum. Mengingat, sisa waktu tahun anggaran akan berakhir beberapa bulan lagi. 

Sebab, jika tidak, maka anggaran untuk pengadaan lokasi pemakaman umum tahun 2018 itu, akan dialihkan untuk pembiayaan lainnya. 

Meski demikian, pihak Pemkab tetap ngotot dan optimistis dapat mengadakan lokasi pemakaman umum sebelum tahun anggaran 2018 berakhir. Namun hingga saat ini pengadaan lokasi pemakaman umum itu tidak juga terealisasi.

"Kami sudah minta ke Pemkab Tana Toraja agar pengadaan tanah pemakaman umum ditunda di tahun 2018 dan diadakan kembali di tahun 2019. Namun karena Pemkab sangat yakin bisa merealisasikannya di tahun 2018 sehingga pengadaan tanah itu tetap dianggarkan di APBD Perubahan 2018," jelasnya. 

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tator Semuel T Bura membenarkan pengadaan tanah pemakaman umum belum terealisasi di tahun 2018. 

Awalnya, kata dia, sudah ada kesepakatan jual beli antara Pemkab Tator dengan pihak pemilik tanah di Tampo Makale, Kecamatan Makale. Belakangan, ada pihak keluarga pemilik tanah yang keberatan sehingga Pemkab Tator batal untuk membeli tanah tersebut. 

"Sudah ada tanah untuk lokasi pemakaman umum yang akan dibeli. Pihak Pemkab dan pemilik tanah juga sudah sepakat tapi ada klaim dari pihak keluarga lain yang keberatan. Daripada nantinya, jadi masalah di kemudian hari, Pemkab Tator batal membeli tanah itu," kata Semuel.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Jusrianto
#Pilkada Tator #NiVi #Nico-Victor #Tempat Pemakaman Umum tak terealisasi
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer