Sabtu, 05 Juni 2021 10:19

Timnas Brasil Ancam Boikot Copa Amerika

Timnas Brasil menolak menjadi tuan rumah Copa Amerika. (int)
Timnas Brasil menolak menjadi tuan rumah Copa Amerika. (int)

Pemain Brasil menolak menjadi tuan rumah turnamen secara dadakan. Apalagi masih banyak kasus COVID-19 yang terjadi di negara tersebut.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Timnas Brasil dikabarkan akan memboikot Copa America 2021. Penunjukan Brasil sebagai tuan rumah dadakan membuat para pemain melayangkan keberatan.

Skuad Samba dikabarkan sudah berbicara dengan negara-negara peserta yang lain. Dilaporkan Marca dan AS, ini merupakan dampak lanjutan dari ketidaksetujuan para pemain Brasil menjadi tuan rumah turnamen secara dadakan. Apalagi masih banyak kasus COVID-19 yang terjadi di negara tersebut.

Casemiro dkk dilaporkan sudah mengekspresikan pendapat mereka kepada Federasi Sepakbola Brasil (CBF), yang tak mendapat sambutan baik. Namun negara-negara lain cenderung mendukung keputusan Timnas Brasil.

Argentina lewat Sergio Aguero dan pelatih Lionel Scaloni sudah lebih dulu mempertanyakan penunjukan Brasil sebagai tuan rumah Copa America.

Jika Argentina mundur dari status tuan rumah karena peningkatan kasus COVID-19, bagaimana mungkin Brasil yang sudah mencatat lebih dari 16 juta kasus dan lebih dari 460 ribu kematian menurut data WHO dianggap paling aman?

Uruguay dilaporkan juga siap mendukung keputusan boikot dari Brasil ini. Para pemain senior seperti Luis Suarez, Edinson Cavani, dan Fernando Muslera sudah memberikan pernyataan dukungan.

Sejauh ini para pemain Brasil ingin edisi ke-47 dari Copa America ini dibatalkan saja. Sebab, ini adalah turnamen keempat dalam 6 tahun terakhir. Kabarnya, mereka akan membuat pernyataan kepada publik dalam waktu dekat, jika dirasa sudah tepat.

Copa America kembali digelar pada 2021 meski baru dua tahun lalu hajatan serupa dilangsungkan. Hal ini disebabkan keinginan Asosiasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) untuk menyamai jadwal turnamen Piala Eropa yang digelar pada tahun genap. Harapannya, mulai 2024, kedua turnamen bisa digelar beriringan.

Copa America dijadwalkan berlangsung pada 13 Juni-10 Juli 2021. Seperti diketahui, awalnya turnamen ini ingin digelar di Argentina dan Kolombia. Namun nama pertama dicoret karena masalah COVID-19, sedangkan nama kedua dicoret karena ada masalah politik dalam negeri.

 

Editor : Muh. Syakir
#Copa Amerika 2021 #Timnas Brasil
Berikan Komentar Anda