Rabu, 09 Juni 2021 11:26

Polda Sulsel Bidik Proyek Kantor Bupati Torut, Pejabat-Kontraktor Diperiksa

Kantor Bupati Torut yang dikerjakan PT Hujan Berkat.
Kantor Bupati Torut yang dikerjakan PT Hujan Berkat.

Kasus proyek kantor Bupati Torut berlanjut lagi. Kontraktor kembali diminta mengembalikan kerugian negara sebesar Rp3 miliar lebih.

TORUT, PEDOMANMEDIA - Polda Sulsel terus mendalami pengusutan proyek pembangunan Kantor Bupati Toraja Utara. Penyidik telah memeriksa sejumlah pejabat terkait.

Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Torut Kristian Y Mendeng membenarkan adanya proses pemeriksaan terkait proyek ini.

"Untuk saat ini kami sudah beberapa orang dimintai keterangan dari Tim Polda Sulsel terkait dengan tindak lanjut temuan LHPBK pada provek pembangunan Kantor bupati," ucapnya Rabu (9/6/2021).

Baca Juga

Kristian mengaku ia juga turut diperiksa.

"Saya diperiksa sekitar 6 sampai 7 jam. Sedangkan Pak Kadis, kontraktor, PPTK, PPK diperiksa sekitar 8 sampai 10 jam. Kami diperiksa di sini di kantor. Tim Polda yang datang," katanya.

Selain pejabat, penyidik juga siap memeriksa kontraktor proyek. Yakni PT Hujan Berkat.

Kasus ini sendiri bermula saat kontraktor proyek kantor Bupati diminta mengembalikan kerugian negara sebesar Rp3 miliar lebih. Namun hingga kini kerugian negara belum dikembalikan.

Menurut Kristian, untuk saat ini karena belum bisa melunasi temuan LHPBPK maka kontraktornya bersedia menjaminkan tokohnya.

"Kontraktornya sudah ada niatnya untuk mengembalikan kerugian negara dan saat ini dia sudah jadikan tokohnya yang ada di Bolu sebagai jaminan," jelasnya.

Untuk diketahui bersama sebelumnya ini juga pernah disidangkan di tim PTGR dengan tuntunan sidang sebagai berikut.

Selain dituntut untuk mengembalikan kerugian negara sebesar Rp3.368.178.095,54 tahun anggaran 2017, PT Hujan Berkat juga dituntut untuk mencukupkan volume kualitas dan kuantitas pekerjaan yang belum dilaksanakan pada pembangunan kantor bupati sebesar Rp890.061.480,09 tahun anggaran 2018.

Kasus ini kembali mencuat Maret lalu. Di mana kontraktor PT Hujan Berkat belum mengembalikan tuntutan kerugian negara Rp3,3 miliar lebih pada pembangunan kantor Bupati Toraja Utara di Panga'. Pemda pun mengancam akan melibatkan kejaksaan jika kontraktor tetap tak menunjukkan itikad baik.

Plt Kepala Inspektorat Yermia T Marewa mengatakan, kasus tersebut sudah mengantongi surat keputusan untuk penagihan. Namun hingga sekarang belum ada pengembalian dari PT Hujan Berkat.

"Kita tunggu itikad baik mereka," terang Yermia.

Yermia yang juga Kadis Pendidikan Torut mengungkapkan, kasus ini terus ditindaklanjuti. Inspektorat telah menanganinya secara administratif.

PT Hujan Berkat telah secara patut diminta melakukan pengembalian. Jika dalan batas waktu tertentu belum ada kemajuan sikap, kata Yermia, pihaknya akan menerbitkan SK berisi permintaan bantuan kepada kejaksaan untuk menagih.

"Kalau ada rekanan yang membandel kita akan mengambil langkah lebih tegas. Kita akan terbitkan SK untuk bantuan ke kejaksaan. Kejaksaan akan menangani penagihannya," ungkapnya, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan Yermia, pemkab sudah mengambil langkah dengan menurunkan tim penagih. Sejauh ini PT Hujan Berkat sudah menyampaikan keinginan untuk membayar.

Sebelumnya, kasus tersebut terungkap saat majelis pertimbangan menggelar tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi (TP-TGR) keuangan negara/daerah di Marante, 23 Juni 2020 lalu. Dimana, sidang tersebut dipimpin oleh Rede Roni Bare sebagai ketua, Hendrik L Simak sebagai wakil ketua I, S Ranggina sebagai wakil ketua II, Matius Sampelalong sebagai sekretaris, dan tiga anggota yaitu Semuel Samperompon, Neti Palin dan Marten Manurun.

Selain dituntut untuk mengembalikan kerugian negara sebesar Rp3.368.178.095,54 tahun anggaran 2017, PT Hujan Berkat juga dituntut untuk mencukupkan volume kualitas dan kuantitas pekerjaan yang belum dilaksanakan pada pembangunan kantor bupati sebesar Rp890.061.480,09 tahun anggaran 2018.

Penulis : Andarias Padaunan
Editor : Muh. Syakir
#Proyek Kantor Bupati Torut #Polda Sulsel #PT Hujan Berkat
Berikan Komentar Anda