Jumat, 11 Juni 2021 10:15

Sinopharm Tiba Hari ini di Indonesia, Buruh Siap-siap Divaksin

Ilustrasi (int)
Ilustrasi (int)

Vaksin Sinopharm ini diperuntukkan program vaksinasi gotong royong. Ini Vaksinasi yang dikhususkan bagi buruh atau pekerja perusahaan.

JAKARTA, PEDOMANMEDIA - Vaksin Sinopharm akan tiba hari ini di Indonesia. Ada 1 juta dosis yang didatangkan.

"Besok siang Jumat 11 Juni 2021 akan tiba 1.000.000 vaksin Sinopharm," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/6/2021).

Vaksin Sinopharm ini diperuntukkan program vaksinasi gotong royong. Vaksinasi goyong royong adalah skema lanjutan yang dikhususkan bagi buruh atau pekerja perusahaan.

Baca Juga

Retno juga menyampaikan vaksin Corona yang saat ini telah digunakan di Indonesia sudah mendapatkan emergency use list (EUL) dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam menjamin mutu vaksin COVID-19.

"Ini tentunya menunjukkan bahwa vaksin yang dipakai di Indonesia telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal kualitas, keamanan, dan efektivitasnya untuk digunakan pada masa darurat kesehatan," ucap Retno.

Sebelumnya, sebanyak 70.000 dosis vaksin Sinopharm telah didistribusikan untuk pelaksanaan vaksinasi gotong royong. Vaksin ini ditujukan untuk kalangan buruh.

Sekretaris Perusahaan PT Kimia Farma Ganti Winarno mengatakan, sudah lebih dari 70.000 dosis vaksin Sinopharm yang didistribusikan ke perusahaan yang telah mendaftar vaksinsasi gotong royong. Distribusi tersebut diatur menurut ketersediaan vaksinasi saat ini.

"Sudah lebih dari 70.000 dosis vaksin Sinopharm didistribusikan kepada perusahaan yang melakukan vaksinasi gotong royong. Distribusinya dialokasikan dengan menyesuaikan ketersediaan vaksin saat ini," katanya.

Ganti mengatakan, pihaknya telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin Covid-19 Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis. Nantinya, vaksin dalam jumlah tersebut akan datang secara bertahap.

Semuanya akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong.

Ganti menegaskan, PT Kimia Farma terus mempersiapkan diri menyukseskan vaksinasi gotong royong, baik dari sisi kesiapan rantai dingin di seluruh Indonesia juga sarana maupun prasarananya, termasuk SDM kesehatan untuk implementasi vaksinasi gotong royong.

“Pada prinsipnya Kimia Farma siap membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi gotong royong ini. Untuk pendataan karyawan sudah masuk dalam sistem pendataan satu data vaksin Covid-19 dan Kadin sehingga nantinya bisa dilaksanakan vaksinasi," ucap dia.

"Harapannya vaksinasi gotong royong ini dapat membantu mempercepat timbulnya herd immunity bagi 181,5 juta rakyat Indonesia,” kata dia.

Vaksinasi gotong royong telah mulai dilaksanakan sejak 18 Mei 2021 dengan disaksikan Presiden Joko Widodo. Program vaksinasi gotong royong diperuntukkan bagi karyawan dan buruh perusahaan.

Program ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang didukung berbagai pihak, seperti Bio Farma dan Kimia Farma.

Adapun selain menggunakan vaksin Sinopharm, vaksinasi gotong royong rencananya juga akan menggunakan vaksin merek Cansino.

Editor : Muh. Syakir
#Vaksin Sinopharm #Vaksin Gotong Royong #Corona #Menlu Retno Marsudi
Berikan Komentar Anda