Minggu, 18 Oktober 2020 10:02

Tak Ada Aturan ASN Cuti Boleh Kampanye, Rospita Bisa Tersandung SE Menpan RB

Surat edaran Menpan RB tentang mekanisme ASN yang cuti mendampingi suami/istri.
Surat edaran Menpan RB tentang mekanisme ASN yang cuti mendampingi suami/istri.

Soal ASN yang berstatus istri atau suami pasangan calon diatur mekanismenya oleh surat edaran Menpan RB dan Mendagri. Jika ada dugaan pelanggaran maka harus dikembalikan pada surat edaran Menpan RB.

TATOR, PEDOMANMEDIA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja Rizal Randa angkat bicara seusai melihat pose Rospita Napa yang mengacungkan dua jari bersama simpatisan NiVi. Rizal tak memberi simpulan, tapi ia menegaskan tak ada aturan yang membolehkan ASN kampanye meski berstatus istri atau suami paslon.

"Memang tidak ada di PKPU Karena KPU tidak mengatur di luar calon. Bahwa ada aturan untuk suami istri yang ASN harus cuti diatur oleh lembaga lain yg berwenang yaitu Kemendagri atau Kemenpan RB," jelas Rizal, kemarin.

Menurut Rizal, soal ASN yang berstatus istri atau suami pasangan calon diatur mekanismenya oleh surat edaran Menpan RB dan Mendagri. Jika ada dugaan pelanggaran dari yang bersangkutan maka harus dikembalikan pada surat edaran Menpan RB.

Baca Juga

"Setahu saya aturan soal istri atau suami yang pasangannya maju di pilkada harus cuti diatur dalam surat edaran kemenpan RB atau kemendagri. Bukan di PKPU, PKPU hanya mengatur teknis kepemiluan, penyelenggara dan peserta atau calon," tambahnya.

Rizal menjelaskan bahwa terkait Rospita Napa yang berstatus ASN sudah diatur kepegawaian. Menurutnya ini adalah domain Sekretaris Daerah Tator untuk meninjaunya apakah itu melanggar atau tidak.

Pelanggaran itu ditinjau dari poin-poin yang ada dalam surat edaran (SE) Menpan RB.

"Kalau soal istri atau suami PNS yang maju di pilkada mungkin konfirmasinya ke pak sekda sebagai pembina kepegawaian di daerah," tutupnya.

Diketahui bahwa sejak September lalu, Rospita mengajukan cuti. Ia cuti untuk mendampingi suaminya, Nicodemus Biringkanae berkampanye.

Rospita Napa adalah Kadis Pariwisata Tator. Suaminya, Nicodemus Biringkanae merupakan calon bupati petahana yang maju berpasangan dengan Victor Datuan Batara.

Pose dua jari Rospita menimbulkan perdebatan. Karena dalam surat edaran Menpan RB dijelaskan beberapa poin mengenai pengetatan terhadap ASN yang cuti untuk mendampingi suami berkampanye.

Salah satu poinnya adalah "Foto bersama dengan suami atau istrinya yang menjadi calon kepala daerah/wakil kepala daerah namun tidak mengikuti simbol tangan atau gerakan yang digunakan sebagai bentuk berpihakan/dukungan,".

Melihat butir aturan ini, Rospita Napa berpotensi tersandung aturan. Namun KPU menyatakan itu adalah ranah pembina kepegawaian dan Menpan RB.

Penulis : Denis
Editor : Muh. Syakir
#Pilkada Tator #Nicodemus Biringkanae #Rospita Napa #NiVi #KPU Tator
Berikan Komentar Anda
Epaper
Cover Epaper
Populer